200 Warga Binaan Rutan Kelas IIB Dumai Positif Covid-19

Posted on November 15, 2020

DUMAI– Dalam rangka mendeteksi dini penyebaraan Covid-19 di Rutan Kelas IIB Dumai, sebanyak 925 Warga Binaan Rutan Kelas IIB Dumai mengikuti swab test pada Senin (9/11/2020).

Swab Test dilaksanakan sesuai instruksi dari Kementerian Hukum dan Ham Kanwil Riau, bahwa seluruh warga binaan dilakukan swab guna mendeteksi dini penyebaran Covid-19 di lingkungan Rutan dan Lapas.

Swab Test diikuti 925 warga binaan, hasilnya, sebanyak 200 orang warga binaan Rutan kelas IIB Dumai dinyatakan terkonfirmasi positif virus Corona.

Hal itu disampaikan oleh juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Kota Dumai, drm Syaipul, Minggu (15/11/2020).

“200 orang yang dinyatakan positif Covid-19 semuanya laki-laki. Untuk mencegah penularan Covid-19, warga binaan yang positif virus Corona dipisahkan dari warga binaan lainnya,” terang Syaipul.

Baca Juga:  Siang Ini, Pemko Pekanbaru Kembali Menggelar Pelantikan?

Dijelaskan Syaipul, tes swab tersebut dilakukan tidak hanya untuk 925 warga binaan Rutan Dumai saja, sebanyak 67 petugas Rutan Kelas II B juga ikut diambil swabnya. Dari 200 orang yang dinyatakan positif, 1 di antaranya petugas Lapas Dumai.

“Langkah yang kami ambil yaitu melakukan isolasi terhadap warga binaan yang positif Covid-19, lalu melakukan penyemprotan cairan desinfektan,” tambahnya.

Masih kata Syaipul, Satgas Covid-19 juga akan terus melakukan pengawasan dan pemantauan terhadap warga binaan yang positif Covid-19, tim medis dari Puskesmas Bumi Ayu akan standby melakukan pemantauan terhadap warga binaan tersebut.

Pance Daniel Panjaitan, Kepala Rutan Dumai mengatakan, dalam rangka mendeteksi dini penyebaraan Covid-19 di Rutan, sebanyak 925 Warga Binaan Rutan Kelas II B Dumai,  telah diambil swabnya, pada Senin (9/11/2020). ‎

Baca Juga:  Gubri Upayakan Target 450 Hasil Swab Perhari Dapai Tercapai

“Jadi setelah difasilitasi oleh Menkumham Kanwil Riau, sebanyak 925 warga binaan yang ada di Rutan Dumai, telah diambil Swab guna mendeteksi dini penyebaran Covid-19,” katanya, Kamis (12/11/2020).

Ia menambahkan, tidak hanya 925 warga binaan Rutan Dumai saja yang diambil swabnya, sebanyak 67 petugas Rutan Kelas II B juga ikut diambil swabnya.

Diakuinya, ‎guna meningkatkan imunitas baik kepada warga binaan maupun petugas, setiap harinya diberikan kegiatan senam dan berjemur.

“Baik senam dan proses percepatan pemulihan warga binaan yang terkonfirmasi positif didampingi petugas Rutan dan petugas medis,” imbuhnya.

Selain senam dan berjemur, tambahnya, warga binaan juga diberikan suplemen dan vitamin untuk lebih meningkatkan imunitas dan daya tahan tubuh. (hrc)

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *