Akan Segera Beroperasi, Lab Swab di RSD Madani Pekanbaru Diuji Coba

Posted on November 19, 2020

PEKANBARU – Uji coba dila­kukan pada ope­ra­sional laboratorium pemeriksaan swab milik  Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru. Uji coba akan dilakukan, Kamis (19/11/2020).

Penjabat Sekretaris Kota (Pj Sekko) Pekanbaru H Mu­hammad Jamil MAg MSi, Rabu (18/11/2020) mengatakan, laboratorium  yang berada di Rumah Sakit Daerah (RSD) Madani ini akan segera beroperasi untuk umum.

“Besok (hari ini, red), kita lakukan uji coba dulu. Sebelum beroperasi kita uji coba dulu,” jelasnya dikutip dari riaupos.

Dia menyebut, saat ini pemasangan alat-alat laboratorium sendiri sudah rampung. Beberapa tenaga medis dari Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru juga ditempatkan di sana.

Baca Juga:  Setelah Ditahan, Sekdaprov Riau Yan Prana Diperiksa di Rutan

Ia memastikan secara keseluruhan laboratorium ini sudah siap untuk dioperasikan. Selain itu pihaknya juga masih menanti izin operasional terkait pengoperasian laboratorium tersebut.”Kalau sudah uji coba, tentu kita tunggu izin operasionalnya. Pelatihan untuk tenaga medis yang bertugas disana juga terus berlangsung,” terangnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru dr Zaini Rizaldy Saragih mengatakan, izin operasional laboratorium ini juga dikeluarkan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) pusat. “Kita tunggu izin dari Balitbangkes pusat. Karena kita teregister di sana. Kalau sudah oke baru dibuka untuk umum,” terangnya.

Baca Juga:  Pemprov Riau Dukung Pemda Terapkan Sanksi Bagi Pelanggar Protokol Kesehatan

Menurutnya untuk legalitas laboratorium ini tidak begitu lama. Ia menyebut untuk mendapatkan izin tersebut diperkirakan membutuhkan waktu dalam sepekan kedepan.
Laboratorium ini dikatakan Zaini, memiliki kapasitas pemeriksaan sampel swab mencapai 1.000 sampel dalam sehari. “Tinggal legalitasnya saja. Besok kita lakukan uji coba internal dulu untuk pengoperasian laboratorium ini,” singkatnya. (*)

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *