Akses Jalan Pekanbaru-Pangkalankerinci Amblas, Truk Nyemplung ke Sungai

Posted on September 19, 2020

PANGKALANKERINCI – Hujan deras yang mengguyur Ibu Kota Kabupaten Pelalawan sejak Jumat (18/9/2020) malam hingga Sabtu (19/9/2020) siang, menyebabkan Jalan Lintas Timur (Jalintim) Km 57, Sp 5, Desa Mekar Jaya, Kecamatan Pangkalankerinci menjadi amblas.

Bahkan, sebuah kendaraan berbadan besar terlihat nyaris nyemplung ke dalam anak Sungai Kampar, akibat badan jalan tak mampu menahan beban mobil tersebut.

Alhasil, akibat bencana itu, menyebabkan aktivitas kendaraan di jalan lintas provinsi ini menjadi terganggu. Beruntung tim Satlantas Polres Pelalawan bergerak cepat, sehingga kemacetan pun dapat diantisipasi melalui pengalihan jalan dari Pangkalankerinci menuju Pekanbaru.

“Ya, benar, Jalan Lintas Timur Km 57 Desa Makmur Pangkalankerinci amblas pada Sabtu (19/9/2020) pagi sekitar pukul 10.00 WIB. Bahkan, sebuah truk terpuruk di tengah jalan, karena jalan aspal itu ambruk akibat digerus air dampak turunnya hujan deras,” terang Kapolres Pelalawan AKBP Indra Wijatmiko melalui Kasat Lantas AKP Teguh Wiyono SH MH, Sabtu (19/9/2020).

Baca Juga:  Tak Jadi Relokasi, Pemko Pekanbaru Tata PKL Kuliner di Tugu Keris

Diungkapkannya, akibat bencana tersebut, pihaknya terpaksa mengalihkan arus lalulintas seluruh kendaraan dari Pekanbaru di Km 55 menuju Km 60 Simpang Perak Pangakalankerinci untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan.

Di mana untuk kendaraan roda dua dan roda empat dari Jalan Lintas Timur Km 55, dialihkan ke Jalan Sultan Syarif Hasyim menuju Simpang Kualo Pangkalankerinci. Begitu juga dari Jalan Lintas Timur Km 60 Simpang Perak, dialihkan ke jalan lintas umum milik Pemkab Pelalawan.

Baca Juga:  Siak Raih Opini WTP 5 Kali Berturut-Turut Atas Pelaporan Keuangan Tahun 2015 – 2019

“Jadi, untuk kendaraan bertonase besar, tidak kita perkenankan melintasi jalan Sultan Syarif Hasyim yang melewati Kantor Bupati Pelalawan ini. Dan personel kita kerahkan di titik pengalihan jalan ini agar aktivitas kendaraan dapat berjalan dengan normal,” ujarnya, dikutip Riaupos.co.

Sedangkan untuk kendaraan roda enam keatas dari Km 55, lanjut mantan Kasat Lantas Kepulauan Meranti ini, dialihkan melintasi jalan koridor RAPP. Juga sebaliknya, dari arah Simpang Perak, dialihkan melewati Jalan akses perusahaan pabrik kertas di Pangkalankerinci menuju Km 55.

“Kerusakan jalan ini, akan kita laporkan ke perwakilan Kementerian PUPR di Pekanbaru. Sehingga dapat segera dilakukan perbaikan agar tidak membahayakan para pengguna jalan,” tutupnya. (*)

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *