Alhamdulillah, Penularan Virus Corona di Pekanbaru Mulai Menurun

Posted on December 11, 2020

PEKANBARU – Wali Kota Pekanbaru Firdaus MT mengatakan penularan virus Corona di daerahnya menunjukkan penurunan dalam dua pekan terakhir.

“Data kasus dua pekan terakhir ada penurunan angka positif Covid-19. Biasanya rata-rata 22 persen jadi 16 persen,” kata Firdaus di Pekanbaru, Kamis (10/12).

Data itu diperoleh dari hasil rapat kerja Satuan Tugas (Satgas) penanganan COVID-19 terbaru.

Walau menurun, masih terdapat satu kecamatan dari 12 kecamatan di Pekanbaru sebagai zona merah atau tingkat penyebaran Covid-19 masih tinggi.

Baca Juga:  PSPS Pekanbaru Optimis Lolos Penyisihan Grup Liga 2 Indonesia 2020

“Satu kecamatan yang masih dalam zona merah adalah Kecamatan Sail, ini perlu diwaspadai,” katanya, seperti yang dilansir dari jpnn.

Selain itu ada tujuh kecamatan yang berada pada zona oranye, dan empat kecamatan pada zona kuning. “Belum ada zona hijau,” ucap Firdaus.

Namun berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa Kota Pekanbaru telah melewati puncak gelombang kasus Covid-19 tertinggi, dan diharapkan penyebaran virus tersebut kian menurun.

“Setelah grafiknya sampai ke puncak, sekarang ini fasenya menurun. Jadi jangan sampai naik lagi. Kalau masyarakat lalai maka akan terjadi,” tegasnya.

Baca Juga:  Ini Salah Satu Penyebab Penyaluran BLT Dana Desa Terhambat

Saat ini Pemkot Pekanbaru berupaya melakukan pengawasan dan pengendalian Covid-19, baik lewat razia penegakan hukum maupun edukasi dan sosialisasi.

Ia berharap Perda Provinsi Riau Nomor 4 tahun 2020, masyarakat sadar tanggung jawabnya, untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Selalu terapkan 4M yaitu menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan dalam tiap aktivitas baik di rumah, terutama di luar rumah,” pinta Firdaus.*

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *