Awal 2021, Diperkirakan Vaksin Covid-19 Mulai Didistribusikan di Riau

Posted on December 13, 2020

PEKANBARU – Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanggulangan Covid-19 Provinsi Riau, dr Indra Yovi memperkirakan vaksin Covid-19 akan didistribusikan di Riau awal tahun 2021.

Vaksin buatan perusahaan Farmasi Sinovac asal China tersebut sebelumnya sudah sampai ke Indonesia pada Selasa (8/12/2020) lalu sebanyak 1,2 juta dosis.

Namun, vaksin tersebut belum bisa langsung didistribusikan karena harus melewati tahap pengecekan oleh Bio Farma, BPOM, dan MUI untuk kepastian status halalnya.

Baca Juga:  Sekjen DPW PKS Riau Digadang Maju Pilkada Bengkalis

“(Vaksin Sinovac) diperkirakan paling cepat mungkin akhir Desember ini sudah tiba (ke Riau) dan awal Januari 2021 sudah didistribusikan,” kata Yovi, Minggu (13/12/2020).

Yovi mengatakan bahwa hingga saat ini pihaknya belum mendapatkan keterangan resmi dari BPOM.

“Kalau BPOM atau pihak terkait sudah menyatakan, seberapa efektivitasnya, bagaimana keamanannya, cara pemakaiannya, baru bisa didistribusikan ke masyarakat,” ujar Yovi.

Baca Juga:  PSBM di Tampan Diperkirakan Baru Efektif Berjalan Mulai Besok

Sebelumnya, secara terpisah Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir memperkirakan Riau akan mendapat jatah sebanyak 4 juta dosis dari keseluruhan vaksin yang didatangkan ke Indonesia.

Nantinya, kata Mimi, vaksin itu akan didistribusikan ke 12 kabupaten/kota di Riau dengan kelompok prioritas tenaga kesehatan dan tenaga pendidik. (hrc)

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *