Diberi Nama Rizky, Gajah Nia Lahirkan Anak Berbobot 81 Kg di PLG Minas Siak

Posted on September 20, 2020

SIAK – Gajah Sumatera yang diberi nama Nia melahirkan bayi berjenis kelamin betina di Pusat Latihan Gajah (PLG) Minas, Kabupaten Siak.

Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Suharyono mengatakan bayi yang dilahirkan Nia, berdasarkan lingkar badan dan tinggi bahu, berat badannya berkisar 81 kilogram. Kondisi induk dan anak saat ini juga dalam kondisi sehat.

“Kami memberinya nama Rizky kepada bayi Gajah Nia sebagai simbol bagi rezeki alam, lingkungan hidup, dan bagi populasi yang berada di wilayah Sumatera ini,” katanya kepada media, Minggu (20/9/2020).

Suharyono mengatakan, kelahiran anak gajah ini merupakan kelahiran yang kedua dari gajah binaan BBKSDA Riau di tahun 2020. Yang pertama yakni lahir seekor anak gajah jantan di TWA Buluh Cina pada hari Jum’at, 3 Juli 2020 yang diberi nama Damar dari indukan bernama Ngatini dengan pejantan bernama Robin.

Baca Juga:  Amdal Masih Diproses, Investor Singapura Bakal Sulap Pantai Rupat Utara Jadi Kawasan Resort Wisata

Lanjutnya, tim medis BBKSDA Riau yang dikoordinir drh. Rini Deswita saat ini tengah melakukan pengecekan kesehatan baik induk maupun bayi Gajah tersebut.

“Setelah melakukan pengecekan kesehatan, Tim memberikan asupan multivitamin dan penguat otot melalui infus serta antibiotik kepada induk Gajah yang bernama Nia itu,” ujarnya.

Suharyono berharap, agar ke depannya Gajah Sumatera dapat bertambah populasinya baik yang berada di PLG maupun yang ada di alam liar. “Ini merupakan kejutan dan hadiah yang sangat menggembirakan untuk Hari Konservasi Alam Nasional Tahun 2020,” bebernya.

Baca Juga:  Jadi Narasumber di Ngopi Baru, Soffia Seffen Berharap Pemkot dan Masyarakat Peroleh Keberkahan Dari Sampah

Untuk diketahui, Nia yang merupakan gajah liar itu, melahirkan pada Jumat (18/9/2020) dini hari lalu. Nia adalah seekor gajah yang berhasil dievakuasi dari Desa Tapung (Petapahan) Kampar pada 14 Juli 2006 lantaran terkena jerat cukup parah di kaki sebelah kanan depan. Saat ini umur Nia berkisar 20 tahun.

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *