Jalin kerja Sama dengan Disdik Riau, XL Serahkan Paket Data Internet Gratis untuk 60.000 Pelajar

Posted on September 1, 2020
PEKANBARU, PENARIAU.INFO – PT. XL Axiata, Tbk (XL Axiata) bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Riau memberikan paket internet gratis khusus bagi pelajar di Provinsi Riau.
Dukungan ini sebagai bentuk kepedulian XL Axiata dan Dinas Pendidikan Provinsi Riau dalam mendukung Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dalam masa pandemi Covid-19.
Penandatanganan kerjasama dilaksanakan di Hotel Furaya, Jalan Sudirman No. 72-74 Pekanbaru oleh perwakilan XL Axiata, Head of Sales Ridar-Kepri,  Alex Burnama dan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Zul Ikram S.PD M.PD. Selasa (1/9/2020).
Group Head XL Axiata West Region, Desy Sari Dewi mengatakan, XL Axiata senantiasa berkomitmen untuk ikut serta berpartisipasi dalam mengembangkan dan memajukan dunia pendidikan di Indonesia.
“Kami merasa bertanggung jawab membantu meringankan beban masyarakat yang terus berusaha agar anak-anaknya tetap bisa belajar. Selain itu, kerja sama XL Axiata dan Dinas Pendidikan Provinsi Riau merupakan implementasi kedua pihak mendukung pemerintah dalam menyelenggarakan proses belajar dan mengejak secara online selama pandemi Covid-19 masih berlangsung,” ungkap dia.
Alex Burnama, Head of Sales Ridar-Kepri saat memberikan sambutan di Hotel Furaya, Pekanbaru
Desy menambahkan, proses pembelajaran jarak jauh memang memerlukan terobosan dengan memanfaatkan layanan internet dan teknologi digital. Namun, untuk melaksanakannya, muncul kendala terkait dengan kemampuan masyarakat dalam menyediakan sarana smartphone, membeli paket kuota data, serta kualitas jaringan atau sinyal dari operator yang belum sepenuhnya menjangkau setiap area.
Program kerja sama XL Axiata – Dinas Pendidikan Provinsi Riau ini diharapkan bisa memperingan beban sebagian pelajar dan orang tuanya dalam mendapatkan kuota data untuk mengikuti PJJ.
Head of Sales Ridar – Kepri, Alex Burnama mengatakan, mekanisme penyaluran ke setiap siswa akan dilakukan oleh Kepala Sekolah dengan cara berkoodinasi dengan Dinas Pendidikan Provinsi. Kuota data yang diterima para siswa ini bisa dipakai untuk mengakses layanan Microsoft Teams, Zoom, Google Meet, Google Hangout, serta Google Classroom dan juga Udemy, Ruang Guru, Zenius, dan Sekolahmu.
“Kuota ini juga bisa dipergunakan untuk mendapatkan materi belajar yang disediakan Rumah Belajar Kemendikbud di website https://belajar.kemendikbud.go.id dan Spada Indonesia Kemendikbud di https://spada.kemdikbud.go.id atau https://lmsspada.kemdikbud.go.id/,” jelasnya.
Paket Kuota Data Gratis
Masih dalam rangka melanjutkan komitmen untuk terus mendukung Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di Indonesia dan mengatasi persoalan terkait akses internet yang dihadapi masyarakat, XL Axiata melalui kartu AXIS, juga baru saja meluncurkan program khusus berupa paket internet gratis bagi pelajar dan mahasiswa.
Program ini berupa paket internet khusus yang memungkinkan para pelajar dan mahasiswa mendapatkan kuota data gratis sebesar 30GB yang bisa digunakan untuk mengakses aplikasi-aplikasi yang paling disering digunakan di PJJ. Program ini berlaku selama dua bulan.
Sama dengan program dukungan untuk PJJ lain, program khusus ini juga memberikan gratis akses internet untuk mengakses aplikasi-aplikasi yang juga biasa dipakai guru mengirimkan materi atau bahan pelajaran, serta mengirimkan tugas. Jenis aplikasi-aplikasi tersebut juga sama, yaitu antara lain Microsoft Teams, Zoom, Google Meet, Google Hangout, serta Google Classroom.
Selain itu juga juga bisa untuk akses Udemy, Ruang Guru, Zenius, Sekolahmu, serta akses ke Rumah Belajar Kemendikbud di website https://belajar.kemendikbud.go.id dan Spada Indonesia Kemendikbud di https://spada.kemdikbud.go.id atau https://lmsspada.kemdikbud.go.id/.
Di luar kedua program di atas, XL Axiata sebelumnya juga telah menjalin kerja sama dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) untuk menyediakan paket khusus kuota data guna memperingan mahasiswa dan dosen. Kebutuhan ini muncul karena selama pandemi, perkuliahan tatap muka ditiadakan dan digantikan dengan perkuliahan jarak jauh juga. (Hallo Riau)
Baca Juga:  Syukurlah, Hasil Swab Massal ASN Pemprov Riau Seluruhnya Negatif
Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *