Kpu Riau Perbolehkan Pencoblosan Pemilih yang Isolasi Covid-19 Diwakilkan

Posted on September 11, 2020

PEKANBARU, PENARIAU.INFO – KPU akan tetap melindungi hak pilih bagi setiap warga di Pilkada 2020, termasuk warga yang sedang jalani isolasi karena positif Covid-19. Petugas akan mendatangi warga yang sedang menjalani isolasi tersebut dan pencoblosan bisa diwakilkan dengan menjaga kerahasiaannya.

Demikian dikatakan Komisioner KPU Riau Divisi Sosialisasi Partisipasi Masyarakat dan SDM, Nugroho Noto Susanto. Menurutnya petugas akan menjemput bola kepada pasien yang positif dan jalani isolasi tersebut.

Baca Juga:  Resmi Tersangka, Anak Bupati Rohil Ditahan di Polresta Pekanbaru Kasus Penganiayaan

“Bagi pemilih yang terinformasi isolasi diri di rumah, akan didatangi oleh petugas KPPS dan diwakilkan juga penggunaan hak pilihnya dengan prinsip menjaga kerahasiaannya,” ujar Nugi seperti dilansir tribunpekanbaru.com, Kamis (10/9/2020).

Nugi menambahkan penggunaan hak pilihnya dengan diwakilkan kepada orang yang dipercaya atau kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS). Sementara untuk pasien positif Covid yang sedang menjalani perawatan dan isolasi di Rumah Sakit, maka nantinya akan ada TPS khusus di Rumah sakit disediakan petugas.

Baca Juga:  Gubri Syamsuar Janji Prioritaskan Pembangunan Jalan Poros Kampung Balak

“Bagi yang positif Covid, akan memilih di TPS khusus di sekitar rumah sakit,,”jelasnya.

Maka untuk itu kata Nugi, KPU di Kabupaten dan Kota akan berkoordinasi dengan satgas atau pihak berwenang yang mengurusi soal penanganan Covid-19 nantinya jelang dan saat pencoblosan. (*)

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *