KPU Riau Sediakan Tempat Khusus bagi Pemilih Bersuhu Tubuh 37,3 Derajat

Posted on November 10, 2020

PEKANBARU – Guna mengantisipasi penyebaran Covid-19 lebih banyak di saat Pilkada serentak Riau yang akan berlangsung tanggal 9 Desember 2020 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau menyediakan tempat khusus bagi para pemilih yang suhu tubuhnya berkisar 37,3 derajat celcius ke atas.

Di katakan Komisioner KPU Riau, Nugroho Noto Susanto, guna menimalisir penyebaran Covid-19 saat pemilihan nanti, setiap TPS di Riau akan dilengkapi dengan thermogun (alat pengukur suhu tubuh), serta tempat cuci tangan, masker, dan sarung tangan.

Baca Juga:  RSD Madani Pekanbaru Bakal Tambah 12 Ruang Isolasi Pasien Positif Covid-19

Dan setiap pemilih, sambungnya, yang nantinya datang ke TPS terlebih dahulu akan diperiksa suhu tubuhnya. Jika saat diperiksa ada pemilih yang suhu tubuhnya 37,3 derajat celcius ke atas, maka akan diarahkan memilih di TPS khusus yang telah kita sediakan (terpisah dengan TPS umum).

“Karena, menurut ahli medis, orang yang memiliki suhu tubuh 37,3 celcius  berpotensi demam, dan bagi yang demam juga berpotensi untuk terpapar Covid-19. Sebab itu, KPU telah membuat kebijakan untuk menyediakan TPS khusus yang steril bagi pemilih dengan suhu tubuh 37,3 celcius,” terangnya.

Baca Juga:  Kondisi Lapas di Riau Memprihatinkan, Terparah di Rohil

Disamping itu, ia juga menjamin logistik pemilu seperti surat suara, formulir yang akan sampai di TPS dalam keadaan steril.

“Karena itu semua dikirim dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19, serta juga dilakukan dengan melakukan penyemprotan cairan disinfektan,” ujarnya.

“Dan hal ini dilakukan guna menghindarkan dan mengantisipasi penyebaran Covid-19 pada pemilih yang sedang melakukan pencoblosan, tuturnya. (hrc)

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *