Luruskan Soal Ruang Isolasi Pasien Covid-19 di Riau Penuh, Gubri: Masih Tersedia

Posted on September 19, 2020

PEKANBARU – Seiring dengan meningkatnya jumlah kasus terkonfirmasi Covid-19 di Bumi Lancang Kuning, menyebabkan ruang isolasi pasien corona di Rumah Sakit (RS) nyaris penuh.

Menanggapi hal tersebut, Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar menyatakan masih ada ruang isolasi tersedia.

“Sampai saat ini ruang isolasi bagi pasien Covid-19 masih tersedia di Provinsi Riau,” katanya, Sabtu (19/9/2020) saat prescon di Gedung Daerah.

Sebelumnya sempat beredar pemberitaan yang mengatakan ruang isolasi pasien Covid-19 di RS di Riau penuh, dan hal ini, katanya, harus diluruskan.

“Untuk diketahui, dari 48 rumah sakit rujukan yang ada di Provinsi Riau, sampai sekarang masih ada kapasitas ruang isolasi yang tersedia sebanyak 348 di kabupaten/kota se-Riau,” jelas Gubri.

Baca Juga:  Menggila, Hari Ini Bertambah 38 Kasus Baru Positif Covid-19 di Riau

“Maka dari itu, dengan adanya pemberitaan seperti semalam, jadinya kurang tepat saja, sebab itu perlu saya luruskan. Supaya masyarakat kita tidak khawatir berkaitan dengan kesiapan rumah sakit,” ujarnya.

Lebih lanjut Gubri menjelaskan, untuk di Kota Pekanbaru saja, saat ini masih ada sebanyak 83 tempat tidur yang tersedia di rumah sakit untuk merawat pasien Covid-19.

“Selain itu, untuk fasilitas pelayanan kesehatan yang nantinya akan ditempatkan bagi pasien gejala ringan dan isolasi mandiri yang telah ada di Kota Pekanbaru, ini kapasitasnya mencapai 1.521 tempat tidur. Dari 1.521 tempat tidur yang tersedia itu, belum sampai 100 tempat tidur yang digunakan,” ungkapnya.

Baca Juga:  Pekanbaru Tambah 27 Kasus Covid-19, Didomiansi OTG

Dengan begitu, dia meminta dipahami agar tidak ada berita miring yang barangkali mengkhawatirkan masyarakat.

Disamping itu, dengan telah diluruskan Gubri, ia berharap masyarakat Riau tahu persis kondisi persiapan fasilitas kesehatan dalam menangani pasien Covid-19 di Provinsi Riau.

“Sehingga nantinya tidak ada was-was dan rasa khawatir dalam diri masyarakat adanya informasi ruang isolasi Covid-19 yang sudah penuh,” sebutnya lagi.

“Dan mudah-mudahan dengan kerja sama dan sinergi ini kita bisa mengatasi Covid-19 baik di Pekanbaru sendiri, maupun di kabupaten/kota Riau lainnya,” tuturnya.

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *