BNPB Kembali Kirimkan Helikopter untuk Tangani Karhutla di Riau

Posted on March 8, 2021

PEKANBARU – Untuk membantu pencegahan dan penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Riau, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pekan ini akan mengirimkan helikopter untuk pemadaman dan pesawat untuk operasi hujan buatan.

Kepala Bidang Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Jim Gafur mengatakan, untuk membantu pencegahan dan penanganan Karhutla Riau saat ini baru ada satu helikopter yang merupakan bantuan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Baca Juga:  PT Datama Kelola Parkir di 88 Ruas Jalan Pekanbaru

“Saat ini helikopter di Riau baru ada satu, yang merupakan bantuan dari KLHK. Insya Allah pekan ini BNPB akan mengirimkan helikopter lagi ke Riau,” kata Jim, Senin (8/3/2021) dikutip dari mediacenter.

Selain helikopter, Provinsi Riau juga akan mendapatkan bantuan pesawat untuk melakukan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) untuk hujan buatan. TMC ini juga dijadwalkan akan dilakukan pekan ini.

Baca Juga:  Pemko Pekanbaru Diminta Tegas Tutup Tempat Usaha yang Nunggak Pajak

“Pemerintah pusat saat ini juga sedang menyiapkan untuk melakukan TMC di Riau. Mudah-mudahan dalam pekan ini juga sudah bisa dilakukan TMC,” katanya.

Curah hujan yang terjadi hampir merata di Riau dua hari belakangan ini juga cukup berdampak pada Karhutla di Riau. Dimana, beberapa lokasi yang sebelumnya terjadi Karhutla sudah padam. Seperti di Kabupaten Bengkalis, Kepulauan Meranti dan Indragiri Hilir. (*)

Berita Lainnya

It seems we can’t find what you’re looking for. Perhaps searching can help.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *