Helikopter Water Bombing Dikerahkan Padamkan Karhutla di Riau

Posted on March 2, 2021

PEKANBARU РKementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, mengerahkan satu unit helikopter water bombing untuk  membantu penanganan kebakaran hutan dan lahan di wilayah Riau.

“Pemadaman fokus di wilayah, Giam Siak Kecil, dan Lubuk Gaung Dumai,” ujar Rafles Brotestes Panjaitan, Tenaga Ahli KLHK bidang Landscape Fire, Selasa (2/3/2021).

Sebelumnya helikopter waterbombing dengan kapasitas satu ton bom air telah tiba di pangakalan udara Roesmin Nurjadin Pekanbaru.

Baca Juga:  Dugaan Korupsi Jalan Lingkar Barat Duri, Kadis PUPR Bengkalis Diperiksa KPK

Helikopter pemadam langsung dikerahkan untuk membantu proses pemadaman kebakaran lahan di wilayah Giam Siak Kecil, Bengkalis dan Lubuk Gaung Dumai.

Kedua wilayah tersebut menjadi fokus satgas udara melakukan pemadaman karena luas kebakaran sudah mencapai dua puluh hektare.

“Pemadaman dari udara sangat dibutuhkan karena tim pemadam darat mengalami kesulitan padamkan api yang membakar lahan gambut,” jelasnya.

Baca Juga:  Deklarasi Larangan Mudik di Riau, Ini yang Disampaikan Gubri

Tenaga Ahli KLHK bidang bidang Landscape Fire Rafles Brotestes Panjaitan menyebutkan, pengiriman satu helikopter water bombing merupakan arahan dari Presiden RI Joko Widodo dan menteri LHK Siti Nurbaya untuk mencegah meluasnya kebakaran hutan dan lahan di wilayah Riau.

“Selanjutnya akan menyusul sebelas helikopter pemadam dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk memperkuat tim dalam proses pemadaman karhutla di Riau,” pungkasnya.

Berita Lainnya

It seems we can’t find what you’re looking for. Perhaps searching can help.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *