Hindari Sentuhan Fisik Petugas, Walikota Dukung Sistem Tilang Elektronik

Posted on February 24, 2021

PEKANBARU – Dirlantas Polda Riau, Kombes Pol Firman Darmansyah SIK bersama Kasubdit Gakkum, Kasi Laka dan Kasi Gar melakukan koordinasi dengan Walikota Pekanbaru, H Firdaus beserta pejabat terkait tentang Sistem dan draft MoU Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE).
Pertemuan ini berlangsung di lantai V Gedung Utama Komplek Perkantoran Tenayan Raya, Senin (22/2/2021).

Pemberlakukan ETLE akan diberlakukan dalam waktu dekat ini di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau. ETLE merupakan teknologi untuk mencatat pelanggaran berlalu lintas secara elektronik untuk mendukung keamanan, ketertiban, keselamatan dan ketertiban dalam berlalu lintas.

Sebelumnya, Kabid Lalu Lintas Jalan Dishub Riau Syafril Buchari, Kasi Pengawasan dan Lalu Lintas Jalan Dishub Riau Suardi bersama Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Riau Kombes Pol Firman Darmansyah dan Kasat Lantas Polresta Pekanbaru Kompol Emil Eka Putra bersama mengecek titik yang akan dipasang kamera ETLE.

Baca Juga:  Perda Selesai, BRK Syariah Siap Meluncur ke Publik

Rencananya kamera ETLE ini akan dipasang di Simpang Jalan HR. Soebrantas – Jalan M Yamin, Simpang Jalan Harapan Raya – Jalan Sudirman, Bundaran Tugu Zapin dan Simpang Jalan Tuanku Tambusai – Jalan Soekarno Hatta.

Sementara itu, ETLE ini merupakan salah satu program kerja Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, dimana ia ingin mengedepankan mekanisme penegakan hukum berbasis elektronik di bidang lalu lintas. Salah satunya melalui ETLE.

“Kita baru melakukan persiapan, titik mana saja yang akan dipasangkan kamera ETLE,” kata Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Riau Kombes Pol Firman Darmansyah.

Baca Juga:  PT Datama Kelola Parkir di 88 Ruas Jalan Pekanbaru

Rencananya pemberlakukan sistem tilang elektronik melalui sistem ETLE akan berlaku di Kota Pekanbaru mulai bulan Maret 2021.

Sementara itu, Walikota Pekanbaru, H Firdaus menyatakan dirinya sangat mendukung Tilang Elektronik berbasis ETLE. Hal ini dapat mengurangi sentuhan fisik langsung petugas Kepolisian dan masyarakat, serta meminimalisir penyimpangan di jalan.

“Ini tentu memiliki kesinambungan dengan program smart city Kota Pekanbaru. Kita juga mengintruksikan Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Pekanbaru menindaklanjuti program tersebut. Sehingga Polda Pekanbaru bisa ikut dalam 5 Polda yang akan launching ETLE Nasional oleh Kapolri pada 17 Maret 2021 dari 34 Polda, termasuk Polda Riau,” jelasnya.(*)

Berita Lainnya

It seems we can’t find what you’re looking for. Perhaps searching can help.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *