Komisi I Sidak terkait Kisruh Ganti Rugi Lahan untuk Pembangunan Jalan 70 dan Sekitarnya

Posted on March 16, 2021

PEKANBARU – Belum tuntasnya persoalan ganti rugi lahan warga yang tinggal di sisi kanan dan kiri menuju Jalan 70 sebagai akses ke perkantoran Pemerintah Kota Pekanbaru Tenayan Raya mendapat perhatian dari Komisi I DPRD Kota Pekanbaru.

Menjalankan tugas dan fungsinya, Komisi I langsung melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke lokasi pembebasan lahan guna melihat secara langsung fakta di lapangan, Senin (15/3).

Usai melaksanakan sidak, Sekretaris Komisi I DPRD Kota Pekanbaru, Muhammad Isa Lahamid menyampaikan bahwa warga merasa di intervensi dalam pembebasan lahan untuk pembangunan Jalan 70.

Baca Juga:  PT Datama Kelola Parkir di 88 Ruas Jalan Pekanbaru

“Kalau memang warga di intervensi terhadap ganti rugi lahan ini maka harus kita selesaikan karena di sana ada hak warga yang harus diberikan dan jangan sampai hak warga terabaikan,” tegas Politisi PKS Pekanbaru ini.

 

Selain itu, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk mencari titik temu dari permasalahan ini.

“Selanjutnya kami akan koordinasi dengan pihak-pihak terkait, prosesnya ini bagaimana,” tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, adanya aduan salah seorang warga terkait penggantian tanah yang diduga dilakukan oleh oknum yang mengatasnamakan pemerintah. Warga tersebut diminta tanahnya sebanyak enam meter.

Baca Juga:  KPK Akan Bahas Pasar Cik Puan bersama Pemprov dan Pemko Pekanbaru

Selain enam meter tersebut, warga juga diminta untuk segera pindah sekaligus wajib menghibahkan tanahnya seluas 30 persen dari tanahnya. Permintaan itu disampaikan ke warga oleh orang posko tanpa menjelaskan posisi Lean Concrete (LC).

Bahkan warga yang keberatan dan tidak rela jika tanahnya diambil, dipersulit dalam berbagai administrasi terkait kepengerusuaan tanah tersebut. Kesulitan tersebut berkaitan dengan kepengurusan Surat Keterangan Ganti Rugi (SKGR) tanah.

Berita Lainnya

It seems we can’t find what you’re looking for. Perhaps searching can help.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *