Riau Siaga Karhutla, Masyarakat Diminta Ikut Tindakan Pencegahan

Posted on February 17, 2021

PEKANBARU– Masyarakat Kota Pekanbaru diminta ikut berperan aktif melakukan tindakan pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), mengingat saat ini pemerintah resmi mengumumkan bahwa Provinsi Riau berstatus siaga Karhutla terhitung sejak 15 Februari sampai 31 Oktober 2021.

Menurut Wakil Ketua DPRD kota Pekanbaru Tengku Azwendi Fajri,  peran aktif masyarakat sangat diperlukan baik dalam langkah pencegahan ataupun memberikan laporan jika ditemukan adanya aktivitas Karhutla.

Untuk Kota Pekanbaru ada beberapa titik rawan Karhutla, dimana diketahui awal tahun 2020 yang lalu, ada beberapa lokasi karhutla berasal dari sejumlah kecamatan, yakni Tampan, Tenayan Raya, Rumbai, Rumbai Pesisir, Payung Sekaki, Marpoyan Damai, dan Bukit Raya.

Baca Juga:  Sambil Rebahan, Warga Riau Bisa Perpanjang SIM dan Buat SKCK dari Rumah

“Yang pertama, sebagai bentuk antisipasi tentu saat ini koordinasi pemerintah daerah dan pusat harus diperketat, terutama untuk kesiapan peralatan pencegahan Karhutla. Disamping itu, perlu peran masyarakat untuk besinergi membantu melakukan tindakan pencegahan dan menghindari aktivitas yang memicu terjadinya Karhutla,” ungkap Azwendi, Selasa (16/2/2021).

Meski tidak memiliki banyak lahan kosong seperti daerah lain, lanjut Azwendi, namun masyarakat Pekanbaru tetap harus waspada. Warga diminta untuk bertanggung jawab atas kepemilikan lahan masing-masing, guna meminimalisir terjadinya aksi karhutla.

Baca Juga:  DPRD Pekanbaru Temukan Kejanggalan Pengelolaan Parkir Pihak Ketiga, Roni Pasla: Ada Apa?

“Kita di DPRD Pekanbaru kini juga sedang menyiapkan Perda Penanggulangan Bencana, sehingga memudahkan pemerintah dalam mengambil kebijakan,” pungkas Wendi.

BMKG Stasiun Pekanbaru memprakirakan,  ada 7  kabupaten/kota yang sudah memasuki musim kemarau yakni Kepulauan Meranti, Bengkalis, Pelalawan, Indragiri Hilir, Indragiri Hulu, Rokan Hilir dan Kota Dumai. Kondisi kering akibat kemarau, dikhawatirkan bisa memicu terjadinya kebakaran terutama pada lahan kosong yang ditumbuhi semak belukar.

Berita Lainnya

It seems we can’t find what you’re looking for. Perhaps searching can help.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *