Sudah 803 Hektare Lahan di Riau Terbakar Selama 2021

Posted on March 17, 2021

PEKANBARU – Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) masih menjadi PR besar yang harus diselesaikan oleh Pemerintah Provinsi Riau. Pasalnya, sejak Januari 2021, kebakaran masih terjadi di berbagai daerah di Riau.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mencatat, selama 2021 luas lahan yang terbakar di Riau sudah mencapai 803 hektare.

Kepala Bidang Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Jim Gafur mengatakan, lahan yang terbakar terluas berada di Kabupeten Bengkalis, yakni sudah mencapai sekitar 223 hektare.

Baca Juga:  Ini Penjelasan Kadiskes Riau soal Vaksin AstraZeneca Mengandung Unsur Babi

“Saat ini karhutla sedang terjadi di Pelalawan dan Satgas sedang berupaya memadamkan api di lokasi tersebut,” kata Jim Gafur, Rabu (17/3/2021).

Sedangkan luas lahan yang terbakar di Pelalawan tercatat mencapai 51 hektare. “Wilayah Kuala Kampar Pelalawan berkemungkinan lebih luas lahan yang terbakar dibandingkan lokasi lainnya,” tambahnya.

Sementara itu, Gubernur Riau, Syamsuar menyebutkan bahwa pihaknya tetap optimis tahun 2021 Riau akan terbebas dari kabut asap. Dia mengatakan, meskipun kebakaran masih terjadi, namun petugas saat ini dengan sigap terus melakukan pemadaman di lokasi.

Baca Juga:  Warga Diminta Waspada, Ada Suara Dentuman di Ponpes Al-Ihsan

“Meskipun saat ini masih ada titik api yang terdeteksi di Riau, Namun masih bisa langsung diatasi dengan baik. Kita juga mengucapkan terimakasih kepada BNPB maupun KLHK yang telah membantu Riau terkait peralatan. Termasuk Helikopter dan Pesawat yang terus ber operasional di Riau,” kata Syamsuar.

 

Sumbet: halloriai

Berita Lainnya

It seems we can’t find what you’re looking for. Perhaps searching can help.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *