Tak Ada Prestasi Dikelola Pihak Ketiga, Legislatif Minta Sampah Dikelola Kecamatan

Posted on January 13, 2021

PEKANBARU – Permintaan agar pengelolaan sampah dikembalikan kepada pihak kecamatan dan masyarakat kembali digaungkan. Seperti yang disampaikan oleh Ruslan Tarigan, Anggota Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru menilai, selama dikelola oleh pihak ketiga untuk mengangkut sampah di masing-masing zona yang telah dibagi tidak ada prestasi yang ditorehkan, hal ini terbukti dari gagalnya Pekanbaru menoreh Piala Adipura beberapa tahun terakhir.

“Ketika pengelolaan sampah diserahkan kepada pihak kecamatan, Pekanbaru justru berhasil meraih penghargaan Piala Adipura. Dari awal kita di Fraksi PDI Perjuangan tidak setuju dikontrakkan, kita maunya kembalikan seperti dulu yang dikelola oleh kelurahan atau RT RW dan camat. Dulupun kita dapat Adipura setelah itu tidak lagi mendapatkan Adipura, kenapa kita meninggalkan yang baik. Kita tetap mendorong kesitu agar dapat dilakukan pemberdayaan rakyat dan masyarakat sadar lingkungan. Yang terpenting DLHK dalam leading sektor mengkoordinir pelayanan ini, seperti jalan-jalan protokol jangan di pihak ketigakan karena ini muka kota Pekanbaru. Harus ditangani dinas terkait,” tegas Ruslan, Rabu (13/1/2021).

Baca Juga:  Disidak, Perusahaan di Pekanbaru Ini Kedapatan Simpan Ratusan Minol Kadaluarsa

Pihak DLHK Pekanbaru mengaku telah melakukan lelang pengelolaan sampah pada tanggal 4 Januari lalu namun hingga kini masih belum ada pemenang tender yang diumumkan. Rencananya pengumuman pemenang tender melalui website LPSE Pekanbaru akan dilakukan dalam kurun waktu 45 hari.

Ruslan juga berharap TPA dapat dikelola dengan baik. Jangan sampai adanya sampah yang menumpuk. Jelang didapatkan pemenang lelang sampah, dirinya meminta DLHK berkoordinasi dengan Sekda mencari solusi dan kebijakan agar tidak terjadi penumpukan sampah seperti saat ini.

Baca Juga:  Kerjasama dengan Pihak Ketiga Banyak Masalah, Muhammad Isa: Walikota Harus Rubah Strategi Penanganan Sampah

“Yang terpenting pastikan TPA bisa menampung sampah-sampah ini. Dari kemarin digembar gemborkan pengelolaan sampah tapi realitanya belum ada. Kita minta dikelola dengan baik,” pungkas Ruslan.

Berita Lainnya

It seems we can’t find what you’re looking for. Perhaps searching can help.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *