Pemprov Riau Siapkan 1.064 Tempat Tidur di 15 Gedung untuk Pasien Covid-19

Posted on September 14, 2020

PEKANBARU – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau akan mempersiapkan sebanyak 1.064 tempat tidur di 15 gedung untuk masyarakat terkonfirmasi Covid-19 di Riau.

Untuk memastikan ketersediaan tempat tidur tersebut, Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, Yan Prana Jaya beserta Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir melakukan peninjauan di beberapa gedung serbaguna dan gedung milik Pemerintah Provinsi Riau.

Adapun beberapa tempat yang baru ditinjau itu yakni UPTD Rusunawa Rejosari di Kelurahan Bambu Kuning Kecamatan Tenayan Raya disediakan 90 tempat tidur. Kemudian di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Riau ada 190 tempat tidur.

“Selanjutnya ada di Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) sebanyak 72 tempat tidur,” sambungnya.

Baca Juga:  Warga Protes, Keluarga Perangkat Desa di Inhil Masuk Dalam Penerima Bantuan Sosial Tunai

Sementara untuk penambahan tempat tidur lainnya, Yan Prana mengatakan akan meninjau ketersediaan kamar di beberapa gedung lainnya yakni Balai Dinas Perindustrian Provinsi Riau dan Balai Diklat Kemeterian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Provinsi Riau.

Melihat semakin tingginya angka kasus terkonfirmasi Covid-19 di Provinsi Riau, Sekdaprov Riau mengatakan pemerintah harus mengambil langkah cepat untuk menanganinya salah satunya kembali menambah kamar tidur atau ruang isolasi bagi pasien Covid-19, yang mana ketersediaan ruang isolasi yang ada di Riau saat ini hampir penuh.

Ia mengaku mendapatkan arahan dari Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar untuk segera mempersiapkan tempat tidur atau ruang isolasi.

Baca Juga:  70 Persen Penduduk Riau Bakal Divaksinasi Covid-19

“Gubri sudah beberapa kali menyampaikan untuk segera mempersiapkan kamar atau tempat tidur bagi orang yang terkonfirmasi Covid-19,” ujarnya.

Untuk menindaklanjuti arahan tersebut, Yan Prana mengatakan sudah meninjau beberapa tempat yang akan dijadikan penambahan tempat tidur untuk dilakukan isolasi mandiri bagi pasien Covid-19.

Sedangkan untuk kelengkapan tempat tidurnya, ia menyampaikan akan dibantu oleh Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru dan jika masih terdapat kekurangan Pemprov Riau juga akan ikut andil dalam hal itu.

“Untuk saat ini terlebih dahulu kita akan meninjau ketersediaan gedung Pemerintah Provinsi yang bisa dimanfaatkan untuk penambahan ruang isolasi,” ujarnya. (*)

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *