Proses Pembebasan Lahan Pembangunan Tol Rengat – Jambi Libatkan Pemkab Inhil

Posted on August 24, 2020
PEKANBARU, PENARIAU.INFO – Dengan masuknya dua kecamatan di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau dalam proyek pembangunan Tol Trans Sumatera ruas Rengat – Jambi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Inhil dilibatkan dalam urusan pembebasan lahan.
 
Adapun dua kecamatan yang masuk dalam kawasan rencana pembangunan tol tersebut, yakni Kecamatan Kemuning dan Keritang. Yang mana pembangunannya sendiri nantinya akan melalui tujuh desa yang ada di sana.
 
Dikatakan Bupati Inhil, HM Wardan, untuk pembangunan Tol Rengat – Jambi nantinya akan melewati dua kecamatan yang ada di Inhil, yakni Kecamatan Kemuning dan Keritang.
 
“Di Kecamatan Kemuning terdapat enam desa, sedangkan di Keritang ada satu desa yang masuk dalam kawasan pembangunan tol,” katanya dalam pertemuan sinergitas percepatan pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera di Menara Lancang Kuning, komplek perkantoran Pemprov Riau, Senin (24/8/20).
 
Di jelaskannya, untuk total luasan lahan yang diperkirakan akan terpakai sekitar 346,82 hektare. Dan sejauh ini Pemkab Inhil menyatakan kesiapannya untuk membantu dalam proses pembebasan lahan, guna percepatan pembangunan proyek tol tersebut.
 
Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Riau Yan Prana Jaya menyampaikan bahwasanya pertemuan ini sengaja digelar untuk memastikan kesiapan dan dukungan daerah terhadap rencana pembangunan proyek yang masuk dalam Tol Trans Sumatera ini. 
 
“Kami berharap dukungan kepala daerah, terutama bupati-bupati yang memang daerahnya dilintasi oleh tol. Penetapan lokasi akan dikebut Agustus ini, dan diharapkan pada September atau Oktober proses pembangunan sudah bisa dilaksanakan,” pungkasnya. (Hallo Riau)
Baca Juga:  Diduga Labuhan Tangga Hilir Rohil Pembagian BLT DD Tak Sesuai Permen PDTT No.6 Tahun 2020
Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *