Ringkus 52 Pelaku Narkoba Selama 2020, BNNP Riau Beberkan Hasil Tangkapan

Posted on December 23, 2020

PEKANBARU –  Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Riau berhasil meringkus 52 pelaku penyalahgunaan narkoba selama 2020, yakni 47 laki-laki dan 5 perempuan. Dari para pelaku, petugas juga menyita puluhan kg sabu dan ekstasi.

Kepala BNNP Riau, Brigjen Kennedy, mengungkapkan, dari 52 pelaku, pihaknya mengamankan 74,9 kg sabu, 38.337 butir ekstasi dan 3,9 kilogram ganja kering.

Puluhan pelaku ini, kata Kennedy, diringkus oleh enam satuan BNN di Riau, yakni BNNP Riau sebanyak 38 tersangka, BNNK Pekanbaru 6 orang tersangka, BNNK Pelalawan 4 tersangka dan BNNK Dumai 4 tersangka.

Baca Juga:  Hadiri Pelantikan IKAMI Sulsel Kota Pekanbaru, Muhammad Isa Sampaikan Pesan Penguatan Silaturahmi

“Hanya satu satuan kerja saja yang tidak memiliki pengungkapan kasus yakni BNNK Kuansing. Memang untuk kabupaten dan kota kita hanya memiliki 4 satuan kerja. Selebihnya belum ada,” beber Kennedy saat jumpa pers, Rabu (23/13/2020).

Sementara itu, Kennedy merincikan, untuk barang bukti narkotika yang diamankan, BNNP Riau berhasil mengamankan sekitar 74 kilogram sabu, 38.327 butir ekstasi dan 3.978 gram ganja. Kemudian BNNK Pekanbaru sebanyak 708 gram sabu, BNNK Pelalawan 11,66 gram sabu, BNNK Dumai 158 gram sabu dan 10 butir pil ekstasi.

Baca Juga:  Tambah 140 Pasien Covid-19, Riau Masuk 10 Tertinggi di Indonesia

Kennedy menjelaskan, para pelaku didominasi dikendalikan oleh narapidana di dalam lapas dan rutan yang ada di Riau. Ini merupakan salah satu alasan pemindahan 47 narapidana ke Nusa Kambangan beberapa waktu lalu.

Ditambahkannya, Kemenkumham Riau juga berencana akan memindahkan 100 narapidana lagi ke Nusa Kambangan karena masih terlibat pengendalian narkoba.

“Pelaku yang mengendalikan jaringan dari lapas tetap kita proses pidana. Artinya jika napi tengah menjalani hukuman tetap kita ajukan lagi. Jadi, ada proses hukum yang menunggu. Begitu juga dengan TPPUnya,” pungkasnya.

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *