Sosialisasi Perda, Hamdani: UMKM Solusi Cerdas Saat Krisis Keuangan Masa Pandemi

Posted on November 22, 2020

PEKANBARU, PENARIAU.INFO – Ketua DPRD Kota Pekanbaru Hamdani, melakukan kegiatan Sosialisasi Peraturan Daerah (Sosper) pada masyarakat, pada akhir pekan kemarin, di lapangan Bola Kaki Kelurahan Wonorejo.

Dengan hadirnya 100 peserta dalam agenda Sosper ini, panitia sangat tegas guna menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) dalam cegah penyebaran Virus Corona (Covid).

Seluruh peserta wajib memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak pada saat mendengarkan paparan Sosper.

Adapaun Perda yang disosialisasikan yaitu Perda No 2 tahun 2018, tentang Pemberdayaan Usaha Kecil Menengah (UMKM).

Kegiatan yang dihadiri oleh Camat Marpoyan Damai Junaidi, Lurah Wonorejo Rasyid, tokoh pemuda dan tokoh masyarakat, berjalan dengan antusias mendengarkan paparan dan sosialisasi Perda bertujuan untuk peningkatan perekonomian oleh Ketua DPRD Kota Pekanbaru dari Fraksi PKS ini.

Dalam kegiatan ini, Hamdani memaparkan bahwa, sosialisasi ini merupakan bagian untuk memberikan edukasi dan pemahaman kepada masyarakat. Dimana sosialisasi ini juga membantu pelaku UMKM untuk dapat semakin berkembang dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. Karena itu, sebagaimana tujuannya dalam Perda.

Baca Juga:  Bupati Siak Sebut Masyarakat Mulai Bergairah Sekolahkan Anak di Pondok Pesantren

“Sosper ditaja ini dengan harapan dapat memberikan edukasi dan pemahaman di masyarakat bahwa sudah ada Perda Pemberdayaan Usaha Kecil Menengah (UMKM) atau itu dikenal Perda No 2 tahun 2018. Dengan harapan membantu masyarakat. Sebab, pada Perda ini untuk memberikan suatu perlindungan kepada pelaku usaha,” katanya.

Politisi PKS ini juga menyebutkan bahwa dalam Perda ada hal-hal yang diatur itu untuk pelaku usaha dalam upaya dapat meningkatkan perekonomian kepada pelaku UMKM. Karena ujarnya, Pekanbaru sektor utamanya adalah perdagangan dan jasa.

“Dalam isi Perda ini sangat jelas hal-hal yang diatur. Sebab di Perda ini memberi perhatian khusus untuk meningkatakan perekonomian pelaku usaha. Dengan adanya pendataan, pelatihan, pinjaman modal usaha, dan dibimbing oleh pendamping. Sehingga, nantinya dapat berkembang bahkan nantinya masyarakat bisa berinovasi untuk menjadi usaha yang lebih besar lagi,” ungkap pria yang bersahaja ini.

Baca Juga:  Bersama Owner "Dalang Collection", Muhammad Isa Ajak Warga Maksimalkan Bank Sampah

Politisi PKS ini menambahkan, maka diharapkan untuk momentum Sosper ini semakin bisa meningkatkan daya tahan para pelaku UMKM. Dengan kondisi pandemi saat ini, yang semua serba sulit dan terdampak efek. Kita yakin UMKM adalah solusi agar perekonomian masyarakat terselamatkan.

“Di Pekanbaru ini sangat banyak pelaku terdampak pandemi covid ini tidak terkecuali sektor UMKM. Dari data yang saya dapat untuk sektor perdagangan 35 persen serta jasa 30 persen. Selebihnya itu sektor lain. Maka, perlu penguatanya ekonomi UMKM. Di tengah pandemi ini kita berusaha mendorong agar masyarakat tetap bertahan serta mendapat dukungan Pemerintah dan instansi terkait,” tegasnya.

Sementara itu, Camat Marpoyan Damai mengatakan, sangat berterimakasih kepada Hamdani selaku anggota DPRD Pekanbaru yang telah memilih Kelurahan Wonorejo ini, dalam kegiatan Sosper tersebut.

Karena ini, ungkapnya, diharapkan dapat memberi pemahaman kepada masyarakat agar meningkatkan perekonomian pada pelaku usaha.

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *