BRK Harus Bisa Yakinkan Nasabahnya, Bank Syariah Lebih Baik dari Konvensional

Posted on January 4, 2021

PEKANBARU – Sembari menunggu Ranperda BRK konversi ke BRK Syariah rampung yang diyakini akan selesai tahun anggaran 2021 ini, tahapan yang tak kalah penting yang harus dilakukan pihak BRK adalah meyakinkan nasabahnya bahwa Bank Syariah lebih bagus dari bank konvensional.

“Marketingnya sangat penting harus dipersiapkan. Kita tak mau tukar nama saja. Marketing harus berani jelaskan satu per satu agar nasabah tak lari,” kata Ketua Komisi III DPRD Riau, Husaimi Hamidi, Senin (4/1/2021).

“Ranperda sudah masuk ke DPRD meskipun terlambat. BRK telah melaksanakan persyaratan secara prosedural. Namun memang payung hukumnya sangat menentukan, kalau tak disahkan Ranperdanya, tak jalan. Maka dari itu, kita minta BRK dan DPRD bekerjanya bersama-sama. Kita berharap jangan bicara kewenangan ini kewenangan DPRD, ini kewenangan Bank Riau,” kata Husaimi, Senin (4/1/2021).

Baca Juga:  Wapres Dukung Syamsuar Jadikan Riau Pusat Ekonomi Syariah

Terkait penyertaan modal, politisi PPP ini mengatakan memang pada awalnya Pemprov akan menambah penyertaan modal Rp100 miliar ke BRK, namun disetop DPRD tahun ini. Penambahan baru akan dilakukan tahun anggaran berikutnya.

“Penyertaan modal itu bagus, kami di komisi III mendukung. Cuma, kendalanya ada dua hal, yakni persyaratannya APBD harus surplus, dan sudah ada Perdanya sebagai payung hukum. Perda belum selesai karena baru masuk di akhir 2020,” katanya dilansir cakaplah.

Baca Juga:  Beralih ke Syariah, Karmila Sari: Nasabah Non-Muslim BRK Tak Perlu Takut

Husaimi mengatakan, pihaknya bukan menghambat penambahan modal, cuma harus sesuai prosedur.

“DPRD tidak menghambat, tapi disetop dulu harena dua hal itu. Belum memenuhi prosedur. Saya orang ekonomi, saya mengerti bagaimana perbankan itu cari duit dengan duit (penambahnam modal). Kami sepakat penambahan modal itu, tapi mesti melalui prosedur. Yang pasti di APBD kedepan kita usahakan. Manajemen BRK juga haris diproyeksi betul, supaya kita bisa surplus,” tukasnya.(*)

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *