Wapres Dukung Syamsuar Jadikan Riau Pusat Ekonomi Syariah

Posted on March 6, 2020

Pekanbaru, penariau.info – Wakil Presiden RI Prof KH Maaruf Amin dukung Riau menjadi pusat pengembangan ekonomi syariah.

Menurut orang nomor dua di Indonesia ini, keinginan Gubernur Riau (Gubri) H Syamsuar tersebut perlu diapresiasi.

“Keinginan Gubernur menjadikan menjadikan Riau menjadi pusat ekonomi syariah perlu didukung. Langkah ini perlu diapresiasi,” kata Wapres, Jumat (6/3/20).

Lebih lanjut, Wapres juga menyatakan dukungannya keinginan menjadikan Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim II menjadi pusat Penelitian dan Pengembangan (Litbang) syariah.

anya saja menurut Wapres, mestinya tidak sampai pada Litbang saja. Tetapi bagaimana bisa dilanjutkan hingga pada tahap pengkajian dan penerapan.

Baca Juga:  Ma'ruf Amin Dapat Gelar Bapak Ekonomi Syariah dari UIN Suska Riau

Apalagi, jika harapan itu terus dikembangkan dengan melibatkan pemerintah dan pihak lain. Jika ini dapat terwujud, sangat mungkin program ini menjadi percontohan bagi provinsi lainnya.

“Jadi tidak hanya sebatas penelitian dan pengembangan. Tetapi juga terpenting penerapannya. Supya kita lebih maju lagi. Jadi tidak hanya sebatas pengembangan terus wabillahitaufik wal hidayah. Tetapi, terus bagaimana pengkajiannya, terus bagaimana pengkajiannya, kemudian bagaimana penerapannya. Kalau ini terus berjalan, sangat mungkin program ini menjadi percontohan bagi provinsi lainnya,” papar Wapres.

Sementara Gubri memaparkan tidak hanya ekonomi Syariah yang menjadi fokus yang ingin dikembangkan Riau. Tetapi juga ada wisata halal, ekonomi halal, pengelolaan wakap dan zakat termasuk mewujudkan Bank Riaukepri dari conventional menjadi syariah. Rencana ini sudah disepakati bersama seluruh pemegang saham baik di Riau mau pun Kepulauan Riau.

Baca Juga:  Dari 4 Retribusi DPMPTSP Pelalawan, Hanya Satu Lebihi Target

“Saat ini kami juga mempersiapkan Darul Quran center, dimana direncanakan Riau menjadi pusat pembinaan dan kajian Quran. Kami sangat optimis pengembangan ekonomi syariah dapat berkembang, salah satu tolak ukur, Riau yang langsung berbatasan langsung dengan negara jiran dan menjadi tujuan investasi,” papar Gubri. (Riauterkini)

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *