Hendak Ditukar Sabu di Perbatasan Malaysia, 100 Kg Ganja Asal Aceh Disita Polda Riau

Posted on June 10, 2020

PEKANBARU, PENARIAU.INFO – Kepolisian Daerah Riau berhasil gagalkan penyelundupan 100 kg ganja di wilayah jalan lintas Riau-Sumatera Utara tepatnya di KM 167 Ujung Tanjung, Rokan Hilir, Senin (08/06) lalu. Selain itu, petugas juga berhasil ringkus empat orang pelaku sindikat narkoba tersebut.

Dikatakan Kabid Humas Polda Riau, Kombes Pol Sunarto dalam temu pers di Mapolda Riau, Rabu (10/06) selain barang bukti 100 kg ganja, pihaknya juga berhasil cokok 4 tersangka pelaku penyelundupan barang haram tersebut masuk ke Riau.

“Ada empat pelaku yakni M (33) ,A (31), HG (30) dan BK (36). Mereka memiliki peran masing – masing,” terangnya.

Dirincinya, perkara ini berhasil diungkap Polda Riau setelah melakukan penyelidikan atas informasi dari masyarakat selama tiga pekan lamanya. Namun, kerja keras petugas akhirnya membuahkan hasil dengan berhasil membongkar sindikat narkoba itu.

Awal sindikat ini terbakar, saat polisi telah mendapatkan laporan dimana BK akan melakukan penjemputan narkoba di wilayah itu. Setelah tiga pekan melakukan penyelidikan dan mengantongi identitas BK maka petugas langsung bergerak memburu tersangka ini.

Baca Juga:  Ibu 3 Anak di Riau Akan Diadili karena Curi Sawit yang Rugikan PTPN Rp 76.500

Pembuntutan BK pun dilakukan oleh petugas, dimana pada Senin Sore BK mendatangi kendaraan mobil tipe L300 di pinggir jalan lintas Riau – Sumut daerah Ujung Tanjung yg di dalamnya ada 3 orang yakni 1 wanita dan 2 pria.

Kemudian, petugas langsung menyergap mereka dan mengamankan H selain BK. Sementara 2 orang lainnya kini masih menjadi saksi lantaran tidak mengetahui isi mobil yang ditumpanginya.

“Kita lakukan penggeledahan dan ditemukan Batam tersebut,” terangnya.

Tak sampai disitu, petugas langsung melakukan interogasi awal terhadap H yang ternyata dikontrol oleh tersangka lain berinisial M dan A yang mengendarai sepeda motor guna memastikan barang haram tersebut aman masuk Riau.

Tak membutuhkan waktu lama, dua orang itu turut berhasil diringkus polisi yang memburunya atas keterangan H dan BK.

“Jadi peran tersangka BK menjemput narkoba di Rohil utk diendapkan sebelum di bawa ke Dumai, H bertugas membawa ganja dengan menyewa mobil dari Aceh hingga Riau, sedangkan M dan A bertugas mantau perjalanan barang dengan mengunakan sepeda motor dari Aceh hingga Riau,” imbuhnya.

Baca Juga:  Polda Riau Ungkap 45 Kasus Judi Gelper dengan 74 Tersangka

Dari keterangan para pelaku, ganja yang merupakan milik U (DPO) yang kini tengah di buru polisi tersebut nantinya akan diselundupkan ke wilayah Malaysia yang akan ditukar dengan 25 kg sabu di perbatasan antara Indonesia dan Malaysia.

Untuk diketahui 100 kg ganja itu dikemas dalam 48 bungkus plastik dan ditutup rapat dengan lakban. Sedangkan selain itu barang bukti uang diamankan Polda Riau berupa 1 unit Mobil L300 No Pol BK 8548 TE, 1 unit Motor Scoopy BM 3810 HI, 1 unit Motor supra x BL 3845 HI,4 unit Handphone dan 1 unit Kunci Rumah.

Kini para pelaku dan barang bukti telah berada di Mapolda Riau guna pengembangan lebih lanjut. (Riauterkini.com)

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *