Polresta Pekanbaru Ringkus 8 Pelaku Jaringan Narkoba dari Malaysia

Posted on January 13, 2021

PEKANBARU – Satuan Reserse Narkoba Polresta Pekanbaru membongkar satu jaringan narkoba asal Malaysia. Delapan orang pelaku diringkus dalam pengungkapan tersebut. Selain itu, Kepolisian juga mengamankan sejumlah barang bukti narkobajenis sabu.

Jaringan bisnis haram itu berhasil dibongkar setelah Kepolisian melakukan penyelidikan dari tertangkap satu orang kurir yang akan mengirim 2 kg sabu ke Jakarta. Kurir tersebut ditangkap oleh petugas Avsec Bandara SSK II Pekanbaru di pesawat saat akan terbang ke Jakarta Kamis pekan lalu.

Saat itu, tersangka yang berinisial MM diamankan setelah petugas Avsec Bandara menemukan 4 paket besar sabu seberat 2 kg lebih. Sabu tersebut ditemukan petugas dari tas tersangka ketika pemeriksaan menggunakan X Ray.

“Kemudian dilakukan penyelidikan, memuju sebuah hotel di Jalan SM Amin Kota Pekanbaru dan dilakukan penggeledahan dan penangkapan terhadap jaringannya di salah satu kamar dan ditemukan 1.822,2 gram sabu dan atau tersangka,” ungkap Kapolresta Pekanbaru, Kombes Pol Nandang Mu’min Wijaya, Rabu (13/1/2021).

Baca Juga:  Dukung Paslon No Urut 2, Satu Kadis dan Lima Kades di Inhu Ditetapkan Sebagai Tersangka

Nandang mengungkapkan, berdasarkan keterangan kedua tersangka yang telah diamankan, barang haram itu didapatkannya dari Kota Dumai.

“Informasi tersebut kemudian dikembangkan. Di Dumai petugas melakukan penangkapan terhadap dua tersangka lainnya, yang berinisial AF di salah satu jalan di Kota Dumai dan NI ditangkap di rumahnya,” tambahnya.

Dari tersangka NI, petugas menemukan barang bukti sabu sebanyak 207,7 gram. Setelah diinterogasi, mereka mengaku mendapatkan sabu tersebut dari tiga orang tersangka lain yang juga berada di Kota Dumai.

“Kemudian dilakukan penangkapan terhadap tiga tersangka lainnya di Kota Dumai yang bernama HE, IW dan IF di sebuah wisma. Dari keterangan 3 tersangka ini, memang HE ini yang merupakan salah satu orang yang memerintahkan pengiriman ke Pekanbaru,” terangnya.

Berdasarkan keterangan lima tersangka yang diamankan di Dumai tersebut, mereka mendapatkan sabu dari Malaysia yang dijemput langsung oleh IW dan IF ke Selangor menggunakan speedboat. Awalnya, seluruh sabu yang dibawa dari Malaysia berjumlah 4 kg.

Baca Juga:  Ditonton Kawan-kawanya, Remaja di Pekanbaru Tewas dalam Duel Satu Lawan Satu

“Berdasarkan hasil penyelidikan, kita sudah berhasil menangkap 8 orang tersangka dalam satu jaringan. Kemudian kami juga melakukan penyitaan barang bukti, yang pertama 8 paket sabu dengan berat bersih 3,8 kg, kemudian 3 paket 200 gram, dan 1 unit sepeda motor dan 1 unit Speedboat,” ungkapnya.

Dijelaskan, pengendali utama jaringan tersebut merupakan warga Malaysia.

“Aktor intelektualnya yang mengendalikan mereka semua adalah AN dan TM. Keduanya adalah orang Malaysia yang menyuruh IW dan IF menjemput sabu di Selangor,” ungkapnya.

Seluruh tersangka disangkakan Pasal 113 junto Pasal 114 ayat 2 junto Pasal 112 ayat 2 UU RI Nomor 9 tentang narkotika dengan ancaman hukuman mati atau penjara paling singkat 5 tahun dan paling lama 20 tahun atau seumur hidup.

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *