Jamaah Haji 2020 Dilarang Sentuh Kakbah

Posted on July 6, 2020

PENARIAU.INFO – Pemerintah Arab Saudi memutuskan untuk membatasi pelaksanaan Haji 2020 untuk mencegah penyebaran virus corona. Melalui Pusat Pencegahan Penyebaran Penyakit (CDC), Pemerintah Arab Saudi merilis aturan Haji 2020 sesuai protokol kesehatan, seperti dilarang menyentuh Kakbah.

Dikutip dari Reuters, pelaksanaan Haji 2020 hanya diperuntukkan bagi 1.000 orang jamaah, orang Arab Saudi atau warga asing yang saat ini berdomisili di Arab Saudi. Ini merupakan kali pertama pelarangan haji bagi Muslim dari luar negeri di zaman yang telah modern.

Baca Juga:  Italia Berduka, 12.428 Orang Meninggal karena Corona

Selain dilarang menyentuh Kakbah, jamaah Haji 2020 juga diminta menjaga jarak satu dengan yang lain sekitar satu setengah meter selama salat berjamaah dan ritual tawaf atau berkeliling Kakbah.

Akses ke lokasi Haji yang lain, seperti Mina, Muzdalifah, dan Arafah akan dibatasi, hanya bagi pemilik izin haji pada 19 Juli hingga 2 Agustus 2020. Jemaah juga diwajibkan menggunakan masker sepanjang waktu.

Baca Juga:  Italia Berduka, 12.428 Orang Meninggal karena Corona

Sementara itu, keputusan Haji terbatas dilakukan setelah pemerintah Arab Saudi melakukan beberapa pertimbangan. Sebelumnya, negara tersebut sempat menerapkan kebijakan lockdown hingga penutupan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. (Detik)

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *