Pemeriksaan Covid-19 Secara Massal Bakal Digelar

Posted on March 19, 2020

Jakarta, penariau.info – Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menyebut pihaknya tengah mengupayakan pemeriksaan Covid-19 secara massal.

Saat ini alat pemeriksaan sedang disiapkan. “Pemerintah dalam waktu ke depan akan melakukan pemeriksaan secara massal atau kami sebut screening massal kepada Covid-19 yang sekarang kami siapkan secara keseluruhan,” kata Yuri dalam keterangan resmi yang disiarkan melalui Youtube di akun BNPB Indonesia, Kamis (19/3).

Yuri mengatakan, pemeriksaan massal akan menggunakan metode rapid test. Di sana, pasien terduga corona akan diambil darahnya untuk dipastikan yang bersangkutan positif atau tidak virus yang konon berawal dari Tiongkok.

Baca Juga:  Sosok Almarhum Ustadz Hilmi Aminuddin Dimata Kader PKS, Seperti Apa?

“Beberapa negara telah melaksanakan ini dan kami akan melaksanakan,” ungkap dia.

Lebih lanjut, kata Yuri, pemerintah akan mengedukasi publik sebelum melaksanakan pemeriksaan massal dengan rapid test. Misalnya, pemerintah mengedukasi pasien terduga corona untuk bisa melakukan isolasi mandiri di rumah.

“Sebab, kasus positif tanpa gejala atau kasus positif dengan gejala yang ringan, tentunya akan diedukasi untuk melaksanakan isolasi diri atau self isolation yang bisa dilaksanakan secara mandiri di rumah,” tutur dia.

Baca Juga:  Fraksi PKS DPR RI Kembali Meraih Penghargaan Sebagai Fraksi Paling Aspiratif

Dia menerangkan, pemerintah akan memantau secara virtual terhadap pasien positif corona yang menjalani isolasi mandiri. Nantinya, pasien bisa berkomunikasi dengan dokter melalui aplikasi secara online.

“Kami sudah mengembangkan bagaimana kemudian bisa melaksanakan konsultasi tentang kondisi kesehatannya melalui aplikasi online Halodoc misalnya,” tutur dia. (Riaupos)

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *