Ditengah Kondisi Pandemi, Pelantikan Kepala Daerah Diwacanakan Secara Virtual

Posted on February 11, 2021

PEKANBARU – Dikarenakan masih dalam kondisi pandemi Covid-19.  Pelantikan kepala daerah terpilih di Riau diwacanakan akan dilaksanakan secara virtual untuk menghindari penularan Covid-19.

Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setdaprov Riau Sudarman mengatakan, untuk di provinsi Riau, pelantikan kepala daerah terpilih dari pelaksanaan Pilkada serentak Desember 2020 lalu yang terdekat yakni Bupati dan Wakil Bengkalis dan Wali Kota serta Wakil Wali Kota Dumai.

Baca Juga:  Dinilai Langgar UU No 30/ 2014, KASN Minta Walikota Kembalikan Jabatan Alek Kurniawan

“Karena kondisi pandemi Covid-19 masih terjadi, pihak Kementerian dalam negeri (Kemendagri) mewacanakan untuk dilakukan pelantikan secara virtual,” kata Sudarman, Kamis (11/2/2021).

Meskipun begitu, pihaknya hingga saat ini masih menunggu informasi dari Kemendagri terkait pelantikan kepala daerah tersebut. Jika nantinya memang akan dilaksanakan secara virtual, maka gubernur Riau akan melantik dari gedung daerah Riau, sedangkan bupati wali kota terpilih dari daerahnya masing-masing.

Baca Juga:  Rapat Anggaran Covid-19 Sempat Ribut, Begini Penjelasan Ketua Komisi III DPRD Meranti

“Tapi hal tersebut masih wacana yang saat ini masih dilakukan pembahasan. Kami juga masih menunggu keputusan dari Kemendagri terkait informasi pelantikan itu,” sebutnya.

Untuk diketahui, pada Pilkada serentak Desember 2020 lalu, di provinsi Riau dilaksanakan di sembilan kabupaten/kota. Dari sembilan kabupaten/kota tersebut, empat diantaranya masih bersengketa di Mahkamah Konstitusi. *

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *