Gagal Dapat Izin Pelantikan dari Mendagri, Puluhan Pejabat Distan Bengkalis Non Job

Posted on January 14, 2021

BENGKALIS – Pemerintah Kabupaten Bengkalis gagal mendapatkan izin dari Mendagri untuk melakukan pelantikan terhadap pejabat Dinas Pertanian (Distan) Bengkalis. Pelantikan perlu dilakukan karena Perangkat Daerah ini sudah tidak ada di Perda Nomor 7 Tahun 2019 tentang perubahan atas Perda Nomor 3 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Bengkalis.

Tidak hanya itu, karena Distan sudah tidak ada, maka dalam penyusunan  APBD 2021 juga sudah tidak ada anggaran untuk Distan. Seluruh program kegiatan yang dulunya dikelola oleh Distan, pada saat penyusunan APBD  2021, disesuaikan dengan Perangkat Daerah yang baru yaitu Dinas Holtikultura dan Tanaman Pangan serta Dinas Peternakan.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Bengkalis, Djamaluddin saat dihubungi membenarkan tidak dapatnya izin tersebut. “Kita sudah berusaha, baik secara lisan maupun secara resmi dengan menyerahkan dokumen yang dibutuhkan. Namun, tetap tidak bisa. Seperti kita ketahui, menjelang Pilkada, Kemendagri ada kebijakan untuk tidak mengizikan adanya pelantikan dan kebijakan tersebut benar-benar mereka pegang,” ujar Djamaluddin, Kamis (14/1/2021).

Baca Juga:  Gubri: Kami Butuh Masukan Banyak Pihak Pembangunan Riau Kedepan

Dikatakan, sebenarnya untuk kasus Distan sifatnya hanya pengukuhan. Artinya, karena terjadi perubahan nomenklatur, maka pejabat yang  ada di sana perlu dikukuhkan kembali menyesuaikan dengan perubahan nomenklatur. “Kemendagri sebenarnya memahami kondisi yang kita alami, tapi kondisi seperti ini juga terjadi di daerah lain. Jadi biar adil, maka Kemendagri tetap tidak mengeluarkan izin,” katanya.

Namun demikian, Kemendagri memberikan lampu hijau bahwasanya pelantikan untuk pejabat Distan ini bisa dilakukan setelah dilakukan pelantikan terhadap pasangan Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis terpilih. Kalau semuanya berjalan lancar, sambung Djamaluddin, pihaknya memperkirakan proses pelantikan terhadap pejabat Distan bisa dilakukan pada bulan Februari mendatang.

Baca Juga:  Ini Rekam Jejak 20 Pejabat Eselon II Pemprov Riau yang Baru Dilantik

Solusi sementara terhadap kekosongan jabatan di Perangkat Daerah yang baru tersebut, Djamaluddin mengatakan Pemkab akan menunjuk Plt Kepala Dinas Holtikultura dan Tanaman Pangan serta Dinas Peternakan. “Siapa pejabat yang akan kita tunjuk sebagai Plt saat ini sedang kita bahas,” ujar Djamaluddin seraya menambahkan begitu pula untuk seluruh pejabat dan staf Distan, akan dijadikan staf di Perangkat Daerah yang baru sambil menunggu jadwal pelantikan tiba.

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *