Gubri Ajak Mayarakat Sukseskan Sensus Penduduk Secara Online

Posted on February 18, 2020

Pekanbaru, penariau.info – Badan Pusat Stattiatik (BPS) telah memulai pendataan sensus penduduk secara online mulai tanggal 15 Februari lalu. Untuk Provinsi Riau, sensus penduduk tahun 2020 ini langsung di lakukan oleh Gubernur Riau, Senin (17/2), di gedung daerah, Gubernuran Riau, bersama BPS.

Pada kesempatan tersebur, Gubri H Syamsuar, mengajak seluruh masyarakat Riau untuk mengsukseskan sensus penduduk 2020 secara online. Dan ia telah melakukan pendaftaran sensus penduduk secara online. Sesnsuea tersebut merupakan program nasional oleh BPS.

“Sensus penduduk ini sangat penting untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat Riau. Multi efek dari sensus penduduk itu berpengaruh terhadap peningkatan pertumbuhan ekonomi penduduk di daerah,” ujar Syamsuar.

Harapan Gubri Syamsuar, sensus penduduk tahun ini media dapat ikut ambil bagian dalam mensosialisasikan program pemerintah, sebab sensus penduduk tahun 2020 dilakukan secara online. Karena tidak semua masyarakat paham menggunakan internet.

Baca Juga:  Gubri Koordinasi dengan Kemendagri Terkait Pergantian Plt Bupati Bengkalis Lantaran Buron Polisi

“Kami lihat saat mengisi pendaftaran sensus penduduk secara online tidak terlalu sulit, sederhana saja. Namun kita menyadari di Riau ini bukan hanya daratan, tapi ada kepulauan. Karena itu saya berharap masyarakat kepulauan dapat berpartisipasi,” ujar Syamsuar.

Gubri menargetkan sensus penduduk online di Riau mencapai 30 persen, sehingga bisa terserap data kependudukan masyarakat secara langsung sesuai yang ditentukan BPS.

“Karenanya kami mengimbau masyarakat berpartisipasi untuk mengisi sensus penduduk. Bagi masyarakat yang tak mengerti silakan tanya ke BPS kabupaten/kota, atau kecamatan. Sehingga nanti tidak ada masyarakat Riau yang tak terdata saat sensus penduduk,” ungkapnya.

Sementara, itu Kepala BPS Provinsi Riau, Misfaruddin, mengatakan bahwa dengan ikut berpartisipasi dan mensuskseskan SPO 2020 maka kita telah memberikan manfaat yang luar biasa untuk masa kini dan masa yang akan datang. SPO 2020 ini akan dimulai sejak 15 Februari hingga 31 Maret 2020, sedangkan ditanggal 1 – 31 Juli 2020 akan dilakukan wawancara secara keseluruhan.

Baca Juga:  Reses Muhammad Isa Lahamid, Masyarakat Kelurahan Pesisir Minta Diperketat Pengawasan Pelabuhan Terhadap Virus Corona

“SP 2020 puncaknya itu diadakan di bulan Juli 2020. Di Riau SP Onlinenya cuma sebesar 30 persen sedangkan di Indonesia kalau tidak salah 22 persen,” jelasnya.

Di Riau sendiri pihaknya mengambil nilai untuk SP Online cuma sebesar 30%, sedangkan selebihnya dilakukan saat wawancara. Ia berharap, masyarakat se-Provinsi Riau mendukung pelaksanaan SPO 2020 update data masing-masing untuk keperluan masa depan menuju Riau hebat. (Haluanriau)

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *