23 SMP Negeri di Pekanbaru Mulai Belajar Tatap Muka

Posted on November 16, 2020

PEKANBARU – Pagi tadi pembelajaran tatap muka sudah diberlakukan di 23 SMP negeri di Kota Pekanbaru, Senin (16/11/2020). Namun, tidak ada istirahat belajar seperti biasanya.

Peserta didik belajar hanya 3 jam saja tanpa istirahat. Kantin sekolah pun tidak diizinkan buka. Kebijakan ini untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19.

“Belajar tatap muka nanti hanya berlangsung selama 3 jam, tidak ada jam istirahat. Jadi kantin sekolah tidak boleh dibuka,” kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Disdik Pekanbaru Ismardi Ilyas, Senin (16/11/2020) dikutip dari cakaplah.

Baca Juga:  Kemenag Tiadakan UN di Madrasah, MTs dan MA

Disdik menganjurkan peserta didik membawa makanan dari rumah. Ismardi menambahkan, 23 SMP negeri yang belajar tatap muka hanya sekolah yang lolos verifikasi dan memenuhi protokol kesehatan.

“Yang terpenting itu surat pernyataan dari orang tua,” jelasnya.

Sistem pembelajaran sendiri, 1 kelas hanya terdapat sebanyak 50 persen peserta didik yang mengikuti belajar tatap muka. Misalnya total peserta didik satu lokal 30 orang, maka di hari Senin 16 November hanya 15 anak yang mengikuti belajar tatap muka. Sisanya di hari Rabu (18/11/2020). Intinya, 1 anak hanya masuk 1 kali dalam satu minggu.

Baca Juga:  Wah, Disdik Pekanbaru Bantu Kuota Internet Peserta Didik

“Apabila berjalan lancar, baru kita terapkan di seluruh SMP negeri,” kata Ismardi.

Sementara untuk tingkat Sekolah Dasar (SD), belajar tatap muka baru diterapkan setelah diberlakukan di seluruh SMP negeri. “Jadi penerapannya bertahap. Kita mulai tingkat SMP negeri dulu, baru di tingkat SD. Kalau untuk TK dan PAUD, itu masih dipertimbangkan,” jelasnya. (*)

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *