Nunggak Biaya Kuliah Rp 545 Juta, Mahasiswi Kedokteran Trisaksi Penerima Beasiswa dari Pemkab Rohul Terpaksa Cuti

Posted on June 8, 2020

PASIRPENGARAIAN, PENARIAU.INFO – Seorang mahasiswi Kedokteran Trisakti Jakarta, Novella Putri Whanda, asal Kecamatan Ujung Batu, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau, belakangan menjadi sorotan dan viral di media sosial.‎

Mahasiswi tamatan SMAN 1 Ujung Batu ini terpaksa cuti 5 tahun karena orang tuanya tak sanggup membiayai biaya kuliahnya di Fakultas Kedokteran Trisakti, Jakarta, menyusul terhentinya bantuan beasiswa dijanjikan Pemkab Rohul, setelah dirinya menjalani kuliah.

Cerita Novella, dirinya bisa kuliah di Fakultas Kedokteran Trisaksi mulai 2013 silam karena adanya program beasiswa dijanjikan oleh Pemkab Rohul. Dengan modal semangat dan kepintarannya, Novella mulai kuliah di kampus elite ini.

Selama 3,5 tahun kuliah, pada 2017, Novella bisa juga merasakan wisuda karena adanya dispensasi dari pihak kampus Trisaksi, meski biaya kuliahnya yang seharusnya dibiayai oleh Pemkab Rohul nunggak lebih dari Rp 545 juta.

Meski telah diwisuda, namun Novella tidak bisa mengikuti co-ass‎ (pendidikan profesi kedokteran), sebagai syarat untuk mendapatkan gelar dokter dan bisa mengabdi ke masyarakat, karena dirinya diharuskan melunasi biaya kuliahnya lebih dulu.

Selama cuti dan tinggal di Jakarta, Novella saat ini berbisnis atau jualan online. Ia juga telah menunjuk pengacara untuk memediasi masalahnya tersebut dengan Pemkab Rohul. Selain itu, ia juga aktif sebagai relawan dan beberapa organisasi di kampus Trisakti, Jakarta.

Baca Juga:  Wagubri: Penyebaran Covid-19 Saat Nataru Penentu Sekolah Tatap Muka

Dari catatan riauterkinicom, Novella merupakan salah seorang mahasiswa atau mahasiswi dari 59 putra/ putri Rohul berprestasi penerima program beasiswa dari Pemkab Rohul pada 2013.

Namun, di tengah jalan, menyusul adanya larangan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terkait bantuan dana hibah dan bantuan sosial, Pemkab Rohul harus menghentikan program beasiswa tersebut.

Sebenarnya, sudah kesekian kalinya masalah ini dimediasi, baik di DPRD Kabupaten Rohul, dan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Rohul, namun belum ada solusi bagi penerima beasiswa.

Kepala Disdikpora Kabupaten Rohul, Drs Ibnu Ulya M.Si, didampingi Staf Keuangan dan Perlengkapan Disdikpora Rohul Asmudin, mengatakan‎ pemberian beasiswa terhadap putra/ putri Rohul berprestasi merupakan program dari Bupati Rohul sebelumnya, Drs H Achmad M.Si.‎

Beasiswa pada 2013 diberikan kepada 59 orang putra/ putri Rohul berprestasi, terdiri 8 orang di universitas/ institut yang telah bekerjasama dengan Pemkab Rohul.

Memasuki tahun pertama, program bantuan beasiswa bagi putra/ putri Rohul berprestasi bersumber dari dana hibah harus dihentikan alias mandek.

Kadisdikpora Rohul mengaku program beasiswa dihentikan karena ada larangan dari BPK, agar Pemkab Rohul tidak lagi anggarkan bantuan beasiswa dari dana hibah.

Baca Juga:  Disdik Riau Mulai Kaji Rencana Sekolah Tatap Muka

“Makanya di tahun selanjutnya kami tidak berani lagi mencairkan dana tersebut (beasiswa), sehingga beasiswa mereka ngandat hingga saat ini,” jelas Ulya, diiyakan Asmudin yang kala itu menjabat Bendahara Disdikpora Rohul.

Ulya mengaku dari 59 mahasiswa/ mahasiswi penerima beasiswa Pemkab Rohul, sebagian besar telah menyelesaikan kuliahnya di perguruan tinggi dengan biaya sendiri, karena belum adanya kejelasan dari Pemkab Rohul seperti dijanjikan.

“Memang mereka sudah ada selesai pendidikan, dan ada yang terpaksa menggunakan dana sendiri. Ada juga yang ijazahnya terpaksa ditahan, karena belum membayar SPP,” tambahnya.

Ulya mengungkapkan total uang SPP untuk 59 mahasiswa/ mahasiswi penerima bantuan beasiswa dari Pemkab Rohul sampai wisuda mencapai Rp 5 miliar lebih. Bila ditambah dengan biaya hidup mereka yang mencapai Rp 4 miliar, maka total biaya mencapai Rp 9 miliar lebih.

Novella viral setelah adanya penggalangan dana di website kitabisadotcom dengan hastag #NOVELLAKULIAHLAGI. Penggalangan dana selama 8 hari tersebut sudah terkumpul dana sekira Rp 33 juta dari Rp 545.190.000 yang ditargetkan. (Riauterkini.com)

Keterangan Foto:‎ Novella Putri Whanda‎, putri berprestasi asal Kecamatan Ujung Batu, penerima bantuan beasiswa dari Pemkab Rohul.

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *