2020, Dua Ranperda Dicabut DPRD Riau

Posted on December 28, 2020

PEKANBARU – Sepanjang tahun 2020 DPRD Riau sudah membahas 7 Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda). Namun belum ada satu pun dari 7 Ranperda yang selesai sebagai Perda.

Ketujuh Ranperda yang dibahas oleh DPRD Riau itu antara lain, Ranperda Pemberdayaan Kemasyarakatan, Ranperda Pengelolaan Rehabilitasi Hutan dan Lahan Kritis, Ranperda Penyelenggaraan Investasi Pemerintah Daerah, Ranperda Pengelolaan Pertambangan Mineral Batubara, Ranperda Sistem Kesehatan Provinsi, Ranperda Peningkatan Kualitas dan Pemberdayaan Ketahanan Keluarga Sejahtera dan usulan Ranperda Pesantren.

Baca Juga:  Sempat Molor, Akhirnya Pasangan Syi'Ar Mendaftar ke KPU Inhu

Hal itu disampaikan oleh Elly Wardhani selaku Kepala Biro Hukum Setdaprov.

“Ada yang masih proses fasilitasi di Kemendagri. Kemudian ada juga yang di Pansus maupun Bapemperda DPRD Riau,” katanya.

Padahal dari 7 Ranperda yang disebut itu dua sudah dicabut oleh DPRD Riau Kamis (17/12/2020) lalu dalam rapat paripurna. Ranperda yang dicabut pertama Pengelolaan Pertambangan Mineral dan Batu Bara. Kedua, Penyelenggaraan Pesantren.

Selain itu Pemerintah Provinsi Riau juga mengusulkan 10 Ranperda ke DPRD Riau tahun 2020 ini. Dari jumlah itu, hanya dua Ranperda yang selesai menjadi Perda.

Baca Juga:  KPU Dumai Umumkan Pasangan Calon Peserta Pilkada Melalui Website

“Adapun 2 Ranperda yang telah disahkan menjadi Perda itu adalah, Perda Nomor 3 Tahun 2020 tentang perubahan kedua atas Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah Provinsi Riau. Kemudian, Perda Nomor 4 tahun 2020 tentang perubahan atas Perda Nomor 21 Tahun 2018 tentang penyelenggaraan kesehatan,” kata Elly. (hrc)

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *