27 Usulan Ranperda Siap Dibahas DPRD Pekanbaru Tahun 2021 Mendatang

Posted on December 23, 2020

PEKANBARU – Menurut Anggota Bapemperda DPRD Pekanbaru, Zainal Arifin, sebanyak 27 usulan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) telah masuk ke Badan Pembentukan Peraturan Daerah atau Bapemperda DPRD Pekanbaru.  Dimana, 19 Ranperda berasal dari ajuan Pemko Pekanbaru sedangkan 8 sisanya merupakan Ranperda Inisitif yang diajukan oleh DPRD Pekanbaru.

Perencanaan penyusunan Propemperda Kabupaten/Kota, telah disesuaikan dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 80 Tahun 2015 yang diubah menjadi Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 120 tahun 2018 tentang pembentukan produk hukum daerah.

“Setelah dilakukan rapat paripurna terhadap pengajuan program pembentukan peraturan daerah, pada tahun depan ada sekitar 27 usulan Ranperda yang diajukan ke DPRD Pekanbaru. Dari 27 Ranperda yang diajukan, 8 di antaranya merupakan Ranperda inisitif salah satunya terkait Ranperda RT-RW Pekanbaru. Nantinya, melalui Ranperda RTRW tersebut akan diatur tentang mekanisme pemilihan RT-RW hingga honor yang akan diterima,” ungkap Zainal Arifin, Rabu (23/12/2020).

Baca Juga:  Jelang Pilkada, Wagubri Sebut Situasi Politik Riau Aman

Zainal menambahkan bahwa dari 19 Ranperda yang diajukan oleh oleh Pemko Pekanbaru, Ranperda Retribusi IPAL menarik perhatian kalangan wakil rakyat di DPRD Pekanbaru.

“Dari 19 Ranperda yang diusulkan, Ranperda Retribusi  IPAL  sepertinya akan menarik untuk dibahas. Pasalnya pada tahun depan, Pemko akan mulai mengutip uang retribusi IPAL ke masyarakat karena ada beberapa jaringan IPAL yang akan mulai beroperasi,” beber Zainal.

Baca Juga:  PDI-P Tunjuk Syafaruddin Poti Sebagai Wakil Ketua DPRD Riau

Jumlah ajuan Ranperda tahun 2021 sedikit lebih banyak jika dibandingkan dengan tahun 2020 lalu yang hanya berjumlah sebanyak 25 Ranperda. Dimana, 22 Ranperda merupakan usulan pemerintah sedangkan 3 Ranperda lainnya merupakan Ranperda Inisiatif DPRD Pekanbaru. (hrc)

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *