Komisi II DPR RI Sambangi Bawaslu Riau

Posted on March 6, 2020

Pekanbaru, penariau.info – Harapkan pilkada serentak 2020 di Riau berkualitas, Anggota Komisi II DPR RI, Syamsurizal, Jumat (6/3/20) menyambangi Bawaslu Riau.

Menurutnya, sedikitnya ada 2 faktor yang dapat mempengaruhi pemilihan yang berkualitas. Pertama, tingkat Independesi Penyelenggara Pemilu, seberapa jauh penyelenggara tidak terpengaruh dari pihak lain dan bekerja sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. Kedua adalah Netralitas ASN.

Berdasarkan survey yang dilakukan DPR RI terkait Netralitas ASN, tercatat 5 point alasan mengapa ASN tidak netral. Pertama, Lemahnya sanksi yang diberikan kepada sipelaku, kedua kurang Pedulinya ASN terhadap Netralitas. Ketiga, kurangnya integritas. Keempat, adanya interpensi dari pimpinan atau pejabat. Dan kelima, kurangnya pemahaman tentang netralitas.

Baca Juga:  Bawaslu Bengkalis Rekomendasi Pemilihan Ulang 3 TPS

Disinilah peran penting Bawaslu untuk melakukan sosialisasi dan penegasan pentingnya netralitas ASN.” ucapnya.

DPR RI berharap kepada seluruh jajaran Bawaslu agar dapat bekerja secara optimal sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku. Karena Bawaslu memiliki tugas dan fungsi yang sangat strategis dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Yaitu dengan menghasilkan pemimpin amanah yang salah satunya mampu meningkatkan perekonomian daerah.

Baca Juga:  KPU Klaim 96 Persen Masyarakat Patuhi Prokes Saat Pilkada Riau

“Bawaslu memiliki tugas dan fungsi yang strategis dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat indonesia dengan cara melakukan pengawasan yang optimal, sehingga akan menciptakan pemimpin-pemimpin daerah yang berkualitas.” jelas Syamsurizal.

DPR RI berharap kepada seluruh jajaran Bawaslu agar dapat bekerja secara optimal sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku agar kesejahteraan masyarakat Indonesia dapat terwujud. (Riauterkini)

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *