KPU Klaim 96 Persen Masyarakat Patuhi Prokes Saat Pilkada Riau

Posted on December 10, 2020

Ketua KPU Riau, Ilham M Yasir klaim kepatuhan masyarakat terhadap Protokol Kesehatan (Prokes) pada saat melakukan pencoblosan Pilkada serentak di Riau pada tanggal 9 Desember 2020 kemarin sangat memusakan. Sehingga bisa dikatakan 96 persen masyarakat patuh.

“Walaupun tengah pandemi Covid-19, Alhamdulillah Pilkada kita (Riau) bisa berjalan dengan lancar. Dan KPU juga telah melaksanakan protokol kesehatan yang ketat dan tegas pada tiap TPS,” kata Ilham M Yasir.

Baca Juga:  Zukri-Nasar Sementara Unggul 40,7 Persen di Pilkada Pelalawan

“Kalau dilihat saat pencoblosan kemarin, tingkat kepatuhan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan sangat bagus, dan bisa dikatakan 96 persennya masyarakat patuh,” ucapnya, Kamis (10/12/2020).

Lebih lanjut dijelaskannya, salah satu yang paling ditegaskan pihaknya pada Pilkada kemarin adalah soal masker. Ia mengatakan, setiap pemilih yang ingin memasuki wilayah TPS harus memakai masker.

“Setiap warga begitu mau masuk TPS untuk memilih, kami tegas, harus pakai masker. Jika tak bawa masker, kami siapkan masker,” terangnya.

Baca Juga:  Berpotensi Ricuh, Kader Minta Musda Golkar Pekanbaru Diambil Alih DPD I

Selain itu, Ilham juga mengaku bahwa pihaknya berusaha agar di TPS tidak ada kerumunan ataupun tindakan lain yang melanggar protokol kesehatan.

“Yang jelas di dalam TPS, semua sesuai SOP Protokol Kesehatan, mulai dari memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan menggunakan sabun,” tukasnya.

Walaupun begitu, Ilham tetap berharap tidak ada lonjakan kasus akibat Pilkada. (hrc)

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *