KPU Riau Minta Masyarakat Tunggu Hasil Resmi Pilkada, Ini Jadwal Penghitungan Pilkada di Riau

Posted on December 11, 2020

PEKANBARU РKetua KPU Riau Ilham Muhammad Yasir meminta masyarakat untuk sabar menunggu hasil berjenjang yang dilakukan KPU untuk merekap suara hasil Pilkada serentak 2020.

Karena saat ini masing-masing Paslon mulai mengklaim Kemenangan.

“Kita minta masyarakat untuk tetap menunggu hasil resmi di KPU yang dilakukan secara berjenjang,ulai dari tingkat Kecamatan, dan Kabupaten,” ujar Ilham.

Menurut Ilham untuk rekap suara di tingkat Kecamatan akan digelar 10 sampai 14 Desember, kemudian 13 hingga 17 di Kabupaten dan Kota.

“Kita KPU tidak mengeluarkan hasil quick count, namun tetap manual. Yang resmi tetap penghitungan berjenjang,” ujarnya, seperti yang dilansir dari tribunnews.

Ilham mengakui saat ini sudah banyak hasil yang disebar paslon beredar di media sosial, namun itu belum hasil resmi dari penyelenggara.

“Kepada masyarakat kita ucapkan terima kasih telah memilih. Alhamdulillah Pemilih tidak takut datang ke TPS, dari hasil pantauan kami sementara cukup bagus antusias pemilih datang ke TPS,” ujar Ilham.

Sementara untuk logistik sendiri di Riau menurut Ilham tidak ada kendala semuanya bisa teratasi meskipun ada beberapa daerah sebelumnya kekurangan surat suara.

Baca Juga:  Mendaftar ke KPU, Pasangan HT Optimis Raih Kemenangan di Pilkada Pelalawan

“Secara umum untuk logistik kita tidak mendengar adanya persoalan dari 8.356 TPS di Riau, tidak ada masalah, Kita bisa atasi meskipun ada juga sedikit dinamika di lapangan,” rincinya.

Hanya saja ada persoalan dua titik di Bengkalis yang masih menjadi kajian dari Bawaslu dan KPU, apakah akan dilakukan pemungutan suara ulang atau tidak.

Adanya pemilih yang tidak terdaftar di DPT mencoblos dan kejadian nyasar nyoblos.

“Ada dua TPS di pinggir dan Batin Solapan. Pemilihnya menggunakan pemberitahuan pemilih orang lain. Padahal tidak masuk dalam DPT di pinggir,” ujar Ilham.

Kemudian di TPS Batin Solapan, 14 pemilih yang harusnya mencoba di TPS sebelahnya malah mencoblos di TPS yang bukan tempat mereka mencoblos.

“Oleh petugas KPPS diberikan surat suara padahal tidak boleh seharusnya, dan ini masih dikaji apakah dilakukan pencoblosan ulang atau tidak,”ujar Ilham.

Ilham juga menambahkan hak pasien covid tetap dilayani dengan mendatangi tempat isolasi mereka di Rumah sakit dan rumah pribadi.

Baca Juga:  Berjalan Kaki Sambil Diiringi Rebana, Bapaslon Bupati dan Wabup Hafith Syukri- Erizal Resmi Mendaftar ke KPU

Situs Hitung Cepat Pilkada Kuansing Down

Situs tempat perhitungan cepat KPU Kuansing  atau Sistem Informasi Rekapitulasi Suara (Sirekap) mengalami down.

Sehingga tidak bisa menyajikan update hasil perhitungan surat suara.

“Situs Sirekap kita down,” kata komisioner KPU Kuansing, Ahdanan, Rabu (9/12/2020).

Pemungutan suara Pilkada Kuansing sendiri dilakukan 9 Desember.

Perhitungan di tingkat TPS sendiri diperkirakan sudah selesai menjelang sore.

Awalnya, KPU secara nasional menyiapkan perhitungan cepat dalam Sirekap (Sistem Informasi Rekapitulasi). Sirekap sendiri bisa diakses https://infopemilu.kpu.go.id/.

Dalam situs tersebut, bisa dipilih daerah mana yang menggelar Pilkada. Termasuk Pilkada Kuansing.

Dalam website tersebut, hanya suara dari tiga dari 686 TPS yang masuk.

Ahdanan mengatakan, pihaknya akan berupaya memperbaiki sistem sehingga bisa update.

“Tapi untuk sementara, kita manual saja,” kata Ahdanan.

Pilkada Kuansing 2020 sendiri diikuti tiga Paslon.

Sesuai nomor urut yakni, Paslon Andi Putra – Suhardiman Amby, Paslon Mursini – Indra Putra dan Paslon Halim – Komperensi. *

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *