Ranperda Penanganan Covid-19 Ditargetkan Segera Disahkan

Posted on December 17, 2020

PEKANBARU – Setidaknya ada 9 Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) yang saat ini sedang digodok atau dibahas oleh tim Panitia Khusus (Pansus) DPRD Kota Pekanbaru, di antaranya Ranperda Penanganan Covid-19.

Ranperda ini jadi Ranperda prioritaskan untuk segera disahkan pada akhir Desember 2020 ini. Demikian disampaikan oleh Anggota Pansus Ranperda Penanganan Covid-19 Aidil Amri.

“Pembahasan Ranperda hanya tinggal penyesuaian dan harmonisasi saja. Termasuk menganalisis kajian naskah akademisnya. Hal itu akan dikaji lagi bersama tenaga ahli yang sudah ditunjuk. Tetap kita gesa pembahasannya. Tahun ini, kita targetkan selesai dibahas hingga menjadi Perda Kota Pekanbaru,” ujar Aidil Amri, Kamis (17/12/2020).

Baca Juga:  Golkar Siapkan Sanksi untuk 4 Kader yang Maju pada Pilkada Serentak 2020 di Riau dengan Partai Lain

Dijelaskannya, Ranperda penanganan Covid-19 ini merupakan Ranperda inisiatif DPRD Pekanbaru. Pihaknya menjadikan ini menjadi Ranperda inisiatif, disebabkan pandemi Covid-19 tak kunjung usai sejak Maret 2020 hingga saat ini.  Perda ini nanti bagian dari upaya sebagai  antisipasi jangka panjang, karena belum ada jaminan kapan pandemi Covid-19 ini berakhir kepada masyarakat.

Politisi senior Partai Demokrat ini menyebutkan, dalam Ranperda inisiatif penanganan Covid-19 ini, juga akan dibahas terkait sanksi bagi pelanggar protokol kesehatan. Sanksi ini juga ada yang diadopsi dari Peraturan Wali Kota (Perwako) Pekanbaru.

Baca Juga:  Pengamat: Langkah PAN Pilih Alfedri Jadi Ketua DPW Riau Tepat

Disampaikan Aidil, sejauh ini, Pansus sudah menggelar pertemuan dengan beberapa pihak terkait. Seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Tim Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kota Pekanbaru dan pihak lainnya.

“Di sisa waktu jelang akhir tahun, kami akan gelar pertemuan lagi untuk keserasian pasal-pasal yang ada di dalam Ranperda. Sehingga, tidak saling bertabrakan dengan aturan yang lebih tinggi,” pungkas Aidil.

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *