Banggar DPRD Kota Pekanbaru Sepakati Rp 6,2 Miliar Dialihkan ke Penanganan Covid-19

Posted on April 7, 2020

Pekanbaru, penariau.info – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pekanbaru sepakat melakukan pergeseran anggaran yang ada di Sekretariat Dewan (Sekwan) DPRD Kota Pekanbaru.

Anggaran sebesar Rp 6,2 Miliar itu dipergunakan untuk penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) itu disepakati dalam rapat Badan Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat (Banggar) DPRD Kota Pekanbaru, Selasa (7/4).

Rapat yang berlangsung di Ruang Paripurna tersebut dipimipin langsung oleh Ketua DPRD Kota Pekanbaru, Hamdani dan juga Wakil Ketua, Ginda Burnama, Tengku Azwendi Fajri dan juga Nofrizal.

Baca Juga:  Tercatat ke-Pasien 63, Tuna Wisma Tergeletak di Jalan Subrantas, Panam Ternyata Positif Covid-19

“Kalau dari kita (DPRD Pekanbaru,red) itu anggaran yang digeser Rp 6,2 Miliar, dan tinggal dibuat detail RKPD nya seperti apa.

Namun pelaksana dan eksekutor tetap di eksekutif atau Pemko Pekanbaru,” jawab Ketua DPRD Pekanbaru, Hamdani.

Pergeseran anggaran, jelas Hamdani berasal dari pembangunan musola, anggaran Pansus, anggaran makan minum dan publikasi yang ada di Sekretariat DPRD Pekanbaru.

“Kita ingin pastikan anggaran yang kita geser untuk penanganan Covid-19 masuk ke eksekutif, tadi juga secara aturan hukumnya harus masuk ke BPKAD terlebih dahulu,” sambung nya.

Baca Juga:  Suspeck Corona, Remaja dan Balita di Kuansing Jalani Isolasi

Setelah itu BPKAD meminta RKPD dari DPRD Pekanbaru kemudian mekanisme berikutnya diatur oleh BPKAD ke OPD yang teknis,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Pekanbaru, Nofrizal mengatakan rencana pergeseran anggaran yang akan dilakukan mengacu kepada Instruksi Presiden (Inpres) nomor 4 tahun 2020.

Pergeseran ini, harap Nofrizal, dapat meringankan beban masyarakat ditengah wabah Covid-19 serta himpitan ekonomi yang makin berat.

“Anggaran-anggaran belanja yang dianggap tidak penting seperti perjalanan dinas, bisa dimanfaatkan untuk kegiatan menanggulangi wabah Covid-19 dan dampaknya,” jelasnya. (Haluanriau)

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *