Ikuti Rapid Test, Seorang TKS Diskes Dumai Positif Covid-19

Posted on May 6, 2020

Pekanbaru, penariau.info – Usai menjalani tes cepat atau rapid diagnostic test (RDT) pada Senin, 4 Mei 2020 lalu yang diikuti oleh seluruh pegawai, staf dan tenaga kerja sukarela (TKS) di Dinas Kesehatan Kota Dumai, ternyata ada yang positif Covid-19.

Jadi yang menunjukkan hasil positif itu merupakan seorang TKS yang berjenis kelamin perempuan. “Usai mengetahuinya, langsung yang bersangkutan kita isolasi di RSUD, dan menjalani swab test, hasilnya sudah kirim ke lab Pekanbaru,”sebut dr Syaiful, Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Dumai, Rabu (6/5/2020).

Baca Juga:  ODP Virus Corona di Riau Terus Bertambah, Alat Rapid Test tak Kunjung Tiba

Untuk mencegah penularan dengan para karyawan, staf dan TKS lainnya, lalu kita tindaklanjuti riwayat kontak yang bersangkutan.

“Kita lacak keluarganya, namun setelah dirapid test hasilnya negatif,”sebut dia yang diamini oleh Kadiskes Kota Dumai Syahrinaldi.

Usai pihak Diskes yang mengikuti tes cepat, para pegawai puskesmas di seluruh Dumai juga menjalani hal serupa.

Untuk petugas yang melakukan rapid test tersebut merupakan dua orang dokter dari Puskesmas Bukit Kapur dengan menggunakan alat pelindung diri (APD) seperti baju astronot, face Shield dan masker sesuai protap.

Baca Juga:  Jokowi Tinjau Tol Pekanbaru-Dumai, Lebaran Sudah Bisa Dilintasi

Menurut Syahrinaldi, usai mengetahui hasilnya, diharapkan para pegawai Dinkes tenang dalam melaksanakan tugasnya, orang lain juga tenang saat berurusan ke kantor Dinas Kesehatan.

“Seanjutnya, keluarga di rumah juga merasa tenang setelah mengetahui hasilnya dan tidak merasa was-was lagi,” harap Syahrinaldi. (Riaulink)

Diketahui, saat dilakukan rapid test, ada 88 pegawai Diskes terdiri dari 52 ASN dan 36 TKS yang dipimpin langsung oleh Plt Kadiskes Kota Dumai, Syahrinaldi.

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *