ILC Gelar Perkara Khusus Kasus Karhutla Via Video Teleconference

Posted on April 6, 2020

Indragiri Hilir, penariau.info – Indragiri Hilir Lawyers Club (ILC) merupakan Tim Penasehat Hukum tersangka Karhutla di Kecamatan Pelangiran gelar perkara khusus dengan pihak Kepolisian Resor (Polres) Inhil, Senin (06/04/2020).

Ketua ILC Zainuddin, SH menyebut bahwa Gelar perkara khusus tersebut juga melibatkan pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Indragiri Hilir.

“Gelar perkara khusus ini dilaksanakan menggunakan video teleconference (Vidcon) via aplikasi Zoom Meeting, dipimpin langsung oleh Kasat Reskrim Polres Inhil, AKP Indra Lamhot Sihombing SIK,” sebutnya kepada Riaulink.com.

Lanjutnya, Zainuddin menyebut bahwa dari ILC dipimpin langsung olehnya dan didampingi beberapa advokat yang tergabung dalam ILC. 

Baca Juga:  Satu Ekor Harimau Sumatera Dievakuasi ke PRHSD Setelah Terjerat di Konsesi RAPP

“Kasat Reskrim Polres Inhil AKP Indra Lamhot Sihombing SIK menyebutkan, dilaksanakan Gelar Perkara Khusus via Zoom Meeting ini dikarenakan adanya himbauan Physical Distancing dalam upaya mencegah penyebaran virus Corona,” Jelas Zainuddin selaku Ketua ILC. 

Lebih lanjut, Zainuddin menyebut bahwa dalam video teleconference tersebut, pihak Polres Inhil memaparkan kronologis dan sangkaan yang dikenakan kepada tersangka, yakni Pasal 188 KUHP dan Pasal 108 UULH. 

Sedangkan, Tim Penasehat Hukum tersangka menyampaikan berbagai masukan terhadap pasal yang disangkakan kepada tersangka Amirullah dari analisis hukum yang telah dilakukan tim hukum ini. 

“Kami mendukung upaya hukum yang dilakukan pihak kepolisian, tapi melalui Gelar Perkara Khusus ini kami juga menyampaikan beberapa masukan atas pasal yang disangkakan kepada klien kami,” ungkap Ketua ILC, Zainuddin, SH. 

Baca Juga:  Jangan Panik, Sudah 10 Orang di Riau Positif Corona

Terakhir, Zainuddin Menyebut bahwa pada prinsipnya ILC memberikan apresiasi kepada pihak Polres Inhil yang telah merespon permohonan Gelar Perkara Khusus yang mereka ajukan beberapa waktu lalu. 

“Diharapkan, dengan kegiatan ini adanya pemahaman hukum yang tepat atas pasal yang dikenakan kepada klien kami tersebut, ” ujar Zainuddin yang kerap disapa Acang, advokat yang cukup lama berkecimpung di bidang penegakan hukum ini. (Riaulink)

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *