Tuntaskan Covid-19, Gubri Usulkan PSBB Seluruh Kabupaten Kota ke Menkes

Posted on May 1, 2020

Pekanbaru, penariau.info – Gubernur Riau H Syamsuar usulkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) seluruh kabupaten kota di Riau ke Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

Ada pun usulan dua daerah seperti Dumai dan Pelalawan yang direncanakan pekan ini, dianggap tidak efektif, menuntaskan dan memutuskan mata rantai penyebaran virus Corona (Covid-19) lebih cepat di Provinsi Riau. Sehingga, usulan dianggap efektif jika dilakukan keseluruhan daerah, termasuk Pekanbaru.

“Agar efektif, kita usulkan PSBB Provinsi Riau. Kalau cuma satu dua nanti tak efektif,” kata Gubri, di Posko Gugus Tugas Covid-19, Gedung Daerah, Jumat (1/5/20).

Ada pun pertimbangan mantan Bupati Siak ini memilih mengusulkan PSBB Provinsi Riau, setelah mendapat rekomendasi dari ahli medis dan epidemiologi dari pertemuan yang digelar kemarin.

“Kita kemarin telah mendengar hasil kajian dari para ahli medis dan ahli epidemiologi di Riau. Hasil kajian kemarin, mereka menyampaikan ke kita merekomendasikan agar tentunya untuk menuntaskan penyebaran Covid-19 dilakukan PSBB Provinsi Riau,” ungkap Gubri.

Baca Juga:  Ayah Bejad di Pekanbaru Gauli Putri Kandung Hingga Hamil

Dari usulan tersebut, ternyata mendapatkan dukungan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Riau, para akademisi, tokoh agama, tokoh masyarakat. Berdasarkan hal itu, orang nomor satu di Riau ini pun mengaku telah menugaskan stafnya untuk untuk mempersiapkan proposal, dan sekaligus nanti dilampirkan kajian untuk disampaikan ke Menkes RI.

“Mudah-mudahan Provinsi Riau dengan waktu tak begitu lama, kita juga akan melaksanakan PSBB secara Riau,” ungkapnya.

Untuk itu, Gubri minta dukungan semua bupati/walikota se-Riau dalam penerapan PSBB Provinsi Riau, sehingga PSBB berjalan dengan sempurna dan sesuai harapan semua. (Riauterkini)

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *